Selasa, 03 Sep 2019 14:43 WIB

Balita di Bandung Punya Mata 3 Warna, Permanen atau Cuma Sementara?

Michelle Natasya - detikHealth
Bocah dengan 3 warna mata di Bandung (Foto: Wisma Putra) Bocah dengan 3 warna mata di Bandung (Foto: Wisma Putra)
Jakarta - Seorang balita di Bandung viral karena memiliki 3 warna mata yang berbeda. Pada siang hari, warna mata Amelia Anggraeni bisa berubah menjadi abu-abu atau biru. Sedangkan, pada malam hari warna matanya baru kembali hitam. Lantas, apakah ada kemungkinan warna mata Amelia menjadi normal ketika memasuki usia dewasa?

Menanggapi hal ini, spesialis mata dr Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC) mengatakan bahwa warna mata seseorang sudah ditentukan sejak lahir dan tidak mungkin berubah, terlebih ketika sudah memasuki usia dewasa.

"Jadi gini warna mata pas awal-awal mungkin belum begitu mencolok tapi kalau udah lewat dari masa-masa bayi ini warna mata biasanya sudah fix gak akan berubah. Pada prinsipnya warna mata kita waktu lahir itu udah ditentukan warnanya apa," tegas dokter Zeiras, Selasa (3/9/2019).



Ketika ditanya mengenai kemungkinan konsumsi makanan tertentu dapat mengubah warna mata, dokter Zeiras mengatakan bahwa makanan tidak bisa menyebabkan perubahan warna pada iris mata. Menurutnya, orang vegan yang mengonsumsi sayuran seumur hidup saja warna matanya tidak berubah.

Sebelumnya pernah dilaporkan seorang YouTuber asal Texas, Kristina Carrillo Bucaram mengklaim bahwa warna matanya berubah dari cokelat menjadi biru. Hal ini dikarenakan dirinya kerap kali mengonsumsi makanan mentah.



Simak Video "Tips Atasi Mata Minus dan Silinder pada Anak Balita"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)