Selasa, 03 Sep 2019 15:48 WIB

Cara Melepaskan Gigitan Anjing yang Menyerang Menurut Ahlinya

Firdaus Anwar - detikHealth
Anjing milik keluarga Bima Aryo dibawa petugas Sudin KPKP Jaktim. (Foto: Rolando-detikcom) Anjing milik keluarga Bima Aryo dibawa petugas Sudin KPKP Jaktim. (Foto: Rolando-detikcom)
Jakarta - Seorang asisten rumah tangga (ART) di daerah Cipayung, Jakarta Timur, tewas diserang anjing majikannya. Diketahui anjing tersebut milik presenter Bima Aryo.

Warga di sekitar lokasi mengaku sebetulnya sudah sering merasa terganggu oleh keberadaan anjing. Ketua RW 04 Cilangkap, Cipayung, Saepudin, menuturkan pihaknya beberapa kali menegur dan bahkan sebelumnya sudah ada warga yang juga jadi korban gigitan anjing.

"Banyak (korban digigit), banyak, cuma kita ini ya menyesalkan petugas (sudin) KPKP pertama itu ya, sudah ada korban Pak Oto warga RT 07, sudah dirawat di RS Bunda, ada 5 bulan lalu," ucap Saepudin seperti dikutip detikcom.


Pelatih anjing dari BlackFace Club, Kenny Rao, pernah memberikan tips bagaimana cara menghadapi gigitan anjing untuk meminimalisir cedera. Kenny menyarankan agar kita jangan terlalu panik meronta dan melawan.

"Waktu digigit anjing usahakan tenang, jangan melawan karena perlawanan itu justru menambah luka robek terutama jika anjing itu melakukan gerakan shaking," kata Kenny beberapa waktu lalu seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Menurut Kenny sebagian anjing hanya akan sekali menggigit lalu dilepas tapi ada juga yang tidak mau melepas gigitannya. Bila itu terjadi maka harus ada orang lain memberi bantuan memisahkan gigitan dengan bagian tubuh yang digigit dengan besi atau kayu.

Bila gigitan sudah lepas maka segera bersihkan luka dengan antiseptik lalu pergi ke fasilitas kesehatan untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Suntikan serum dan vaksin mungkin diperlukan untuk mencegah rabies.



Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)