Rabu, 04 Sep 2019 15:13 WIB

Hoax Obat Progesterex Bisa Bikin Wanita Mandul Permanen Kembali Viral

Firdaus Anwar - detikHealth
Kutipan pesan viral soal obat progesterex. (Foto: Tangkapan layar Facebook) Kutipan pesan viral soal obat progesterex. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Beberapa kabar hoax di internet tampaknya memang sulit padam meski sudah dibantah. Seperti contoh hoax bahaya obat progesterex yang kini kembali ramai disebar pengguna media sosial, disebut bisa bikin wanita mandul permanen.

Dalam informasi yang viral obat progesterex dituding sering disalahgunakan bersamaan dengan obat rohypnol untuk membius korban perkosaan. Efek samping dari obat ini adalah membuat wanita jadi tidak bisa hamil.

"Pelaku hanya tinggal memasukan *Rohypnol & Progesterex* kedalam minuman & Korban tidak akan pernah ingat apa yang telah terjadi pada malam/pagi/siang/ sore itu & Progesterex akan membuat si wanita TIDAK AKAN HAMIL. Hingga si pemerkosa akan tetap bebas berkeliaran," kutipan informasi yang dibagikan salah satu pengguna Facebook pada Rabu (4/9/2019).


Faktanya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 31 Agustus 2017 telah mengkonfirmasi bahwa kabar tersebut hoax. Di dunia nyata tidak ada obat bernama progesterex dan rohypnol sudah tidak ada izin edar sejak didaftarkan sebagai obat impor pada tahun 1981.

"Berdasarkan hasil pengawasan Badan POM selama tahun 2010-2016, tidak pernah ditemukan produk ilegal atas nama Progesterex dan Rohypnol, serta belum pernah ada laporan penyalahgunaan keduanya," tulis BPOM.

Dalam pesan viral disebut juga sumber informasi datang dari anggota Satnarkoba Polres Tangerang bernama Agus Susanto. Hal ini lagi-lagi sudah dibantah pada tahun 2017 lalu oleh Kasat Narkoba Polres Tangerang yang saat itu dijabat oleh Kompol Sunardi.

Menurut Kompol Sunardi memang ada anggotanya bernama Agus Susanto namun yang bersangkutan tidak pernah membuat atau mengirim pesan viral tersebut.

"Saya sudah sering ingatkan agar tidak menyebar broadcast kalau belum terkonfirmasi. Tidak ada broadcast seperti itu dari kami," jelas Kompol Sunardi kepada detikcom beberapa waktu lalu.



Simak Video "Kocak! Viral Facial 'Peletak Peletok' yang Bikin Pasien Histeris"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)