Rabu, 04 Sep 2019 19:05 WIB

Tak Bersihkan Makeup dengan Baik, Dokter Temukan Tungau Hidup di Bulu Matanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi wanita dengan makeup. Foto: dok. iStock Ilustrasi wanita dengan makeup. Foto: dok. iStock
Jakarta - Berbeda dengan memakai makeup, membersihkan riasan dianggap pekerjaan paling menyebalkan oleh sebagian wanita. Entah karena malas atau sudah terlanjur lelah sehingga merasa tak lagi punya tenaga untuk membersihkan makeup.

Tetapi membersihkan makeup menjadi sangat penting karena jika dibiarkan, kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di wajah akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan serta jerawat. Tidak hanya itu, tak membersihkan makeup bisa menimbulkan masalah yang lebih berbahaya lainnya.

Seorang wanita berusia 32 tahun dari Hubei, China, mengalami mata gatal dan kering serta bulu matanya mudah rontok dalam enam bulan terakhir. Dilaporkan oleh Oriental Daily, wanita itu akhirnya ke dokter dan setelah pemeriksaan ternyata ditemukan banyak tungau hidup di bulu matanya!

Dokter kemudian memeriksa bulu mata wanita itu di bawah mikroskop dan menemukan bahwa banyak tungau merangkak di sekitar bulu mata, tempat kelenjar meibom berada.


Dokter lalu bertanya apakah wanita itu diharuskan memakai makeup di tempat kerjanya dan curiga jadwal dan tekanan kerja yang tidak teratur membuat wanita ini tidak bisa menghapus makeup dengan benar.

"Tidak heran bahwa dalam enam bulan terakhir, mata saya selalu terasa kering dan gatal, dan bulu mata saya sering rontok," kata wanita itu.

Dokter kemudian menyarankannya untuk membersihkan riasannya secara menyeluruh untuk mengurangi kemungkinan tungau tumbuh ke jumlah yang tidak normal. Jika kondisinya semakin memburuk dan tidak diobati tepat waktu, akan butuh waktu lama untuk pulih.

Dalam kasus yang parah, tidak menghapus makeup dengan benar dapat menyebabkan lesi mata. Selain itu, menghilangkan riasan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan serangkaian penyakit mata seperti blepharitis dan konjungtivitis.



Simak Video "Yuk! Kenali Gejala dan Cara Mencegah Mata Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)