Kamis, 05 Sep 2019 14:43 WIB

Viral Video Siswi Disebut Patah Tulang Karena Bercanda Tarik Kursi

Firdaus Anwar - detikHealth
Tarik kursi sampai membuat orang terjatuh bukan hal yang bisa dijadikan candaan. (Foto: iStock) Tarik kursi sampai membuat orang terjatuh bukan hal yang bisa dijadikan candaan. (Foto: iStock)
Jakarta - Di Facebook baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukkan seorang perempuan terbaring mengerang kesakitan. Ia disebut mengalami patah tulang akibat terjatuh saat akan duduk, jadi korban bercanda tarik kursi oleh teman di sekolah.

"Sakit... Sakit.." rintih perempuan dalam video yang sudah dibagikan lebih dari 600 kali sejak pertama diunggah pada Rabu (4/9/2019).


Terkait hal tersebut Dr dr Wawan Mulyawan, SpBS, SpKP, dari Lamina Pain and Spine Center, RS Meilia Cibubur, pernah menjelaskan bahwa memang menarik kursi orang yang akan duduk adalah hal berbahaya. Dampaknya bisa terjadi mulai dari nyeri akut sampai yang langka risiko kelumpuhan karena patah tulang.

"Harusnya, kalau dia jatuh itu yang paling banyak nyeri bisa yang akut sampai kronis. Umumnya yang menyebabkan kelumpuhan tulangnya retak, kemudian menyobek saraf, butuh usaha yang keras. Tapi kalau jatuh dari kursi ditarik, di atas 95 persen tidak akan (mengalami kelumpuhan --red)," kata dr Wawan beberapa waktu lalu.

Cedera tulang ekor seringkali jadi ancaman ketika seseorang terjatuh dalam kondisi duduk. Tulang ekor adalah tulang yang berperan dalam membantu seseorang mengatur posisi duduk tetap dalam keadaan nyaman. Karena itu saran untuk melakukan foto rongent sering diberikan untuk mengecek kondisi tulang.

"Kalau tulang ekor patah kita sering ketemu. Kan tulang ekor ujungnya pendek, jadi kalau jatuhnya pas 'tek'.... Ada sarafnya lokal situ, jadi nyerinya di situ dan bisa lama, berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Biasanya kita suntik di situ, atau koreksi," jelas dr Wawan.



Simak Video "Kocak! Gaya Bocah yang Panik saat Tergigit Lintah"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)