Jumat, 06 Sep 2019 05:36 WIB

Jangan Lupa Basuh 5 Bagian Tubuh Berikut Saat Mandi Pagi Ini (1)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Mandi pagi segar sekali (Foto: iStock) Mandi pagi segar sekali (Foto: iStock)
Jakarta - Bagi beberapa orang mungkin menganggap mandi sudah membersihkan seluruh tubuh. Tapi sebenarnya ada beberapa bagian yang kerap terlewatkan, diabaikan, atau bahkan terlupakan saat mandi.

Akibatnya bagian-bagian ini bisa berubah warna, hitam karena daki dan kotoran menumpuk, bahkan hingga infeksi. Dirangkum dari berbagai sumber, yuk jangan lupa basih bagian tubuh berikut ini saat mandi pagi:



1. Kulit kepala

Kita sering melupakan kulit kepala sebagai bagian tubuh yang juga wajib dibersihkan. Jika kamu keramas pagi ini, pastikan kamu tidak hanya 'mencuci' rambutmu namun juga kulit kepalamu. Gosok perlahan menggunakan jari dan pijat pijat sedikit agar menyingkirkan tumpukan kotoran sel-sel kulit mati yang menjadi makanan serangga dan bakteri.

Meski tidak keramas, kamu juga bisa memijat kulit kepalamu saat mandi menggunakan air hangat. Selain mengurangi risiko berketombe, pijatan ini juga bisa meningkatkan aliran darah.

2. Punggung

Beberapa orang mungkin melewatkan untuk menyabuni punggung dan hanya membasahinya karena sulit untuk menjangkau ke seluruh bagian. Justru kotoran bisa menumpuk di bagian ini dan berisiko menyebabkan infeksi.

Belilah penggosok punggung atau mintalah suami atau istri untuk membantu menggosokkan punggung dengan waslap, loofah, atau spons mandi.

3. Di bawah kuku

Soal mencuci tangan mungkin sudah kerap kita lakukan dan rutin, namun kebanyakan pasti juga melewatkan untuk membersihkan bagian bawah kuku, terutama saat mandi. Bakteri seperti E.coli bisa mengendap di bawah kuku beserta bakteri.

Selain itu, dengan tidak memanjangkan kuku juga bisa mengurangi kemungkinan bakteri menumpuk. Kuku yang panjang memudahkan kotoran untuk mengendap.

4. Belakang telinga

Apakah bagian belakang telingamu berbau seperti keju? Jika ya, maka bisa jadi kamu jarang membersihkannya hingga banyak kotoran yang menumpuk yang menyebabkan bau tak sedap seperti keju.

Belakang telinga kerap terlupakan saat mandi, padahal area tersebut adalah area yang tepat bagi sebum untuk menumpuk dan mengundang bakteri seperti Staph aureus, Tinea capitis dan corporis. Saat mandi, jangan lupa sabuni dan gosok bagian belakang telinga dengan seksama.

5. Telapak kaki dan sampingnya

Bagian kaki menjadi bagian yang kerap dilewatkan saat mandi, apalagi bagian telapak kaki. Banyak yang berpikir karena terlewati oleh sabun maka kaki sudah bersih, padahal tidak.

Sabuni bagian telapak kaki dan gosok juga. Kamu bisa menggunakan penggosok khusus untuk menghilangkan kulit mati. Jangan lupakan bagian samping telapak kaki juga.



Simak Video "Malu Punya Kulit Kering? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)