Jumat, 06 Sep 2019 06:30 WIB

Jangan Lupa Basuh 5 Bagian Tubuh Berikut Saat Mandi Pagi Ini (2)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Mandi pagi bikin badan terasa segar (Foto: Thinkstock) Mandi pagi bikin badan terasa segar (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Mandi merupakan kebutuhan yang dilakukan setidaknya dua kali sehari oleh manusia. Namun tak semua bagian tubuh rupanya dibasuh dan dibersihkan saat mandi.

Ada beberapa bagian tubuh yang terlewatkan, terlupakan, atau terabaikan. Sehingga bagian ini bisa mengundang bakteri dan bahkan bisa menyebabkan infeksi. Pagi ini jangan lupa membasuh bagian-bagian ini agar tubuh semakin sehat dan bersih:



1. Pusar

Bagian pusar merupakan area yang tepat bagi bakteri untuk bersembunyi. Hal ini disebabkan kondisi pusar yang hangat dan berbentuk cekungan, dan kerap terlupakan saat mandi.

Saat mandi jangan lupa bersihkan secara lembut bagian pusar untuk mencegah infeksi. Atau bisa membersihkannya dengan cotton bud yang dicelupkan dalam air sabun hangat.

2. Lidah

Apakah kamu juga menyikat lidah saat kamu menyikat gigi? Banyak orang yang tak memerhatikannya, namun bintil pada lidah bisa menyembunyikan bakteri yang menyebabkan napas bau dan bahkan kerusakan pada gigi apabila tak dibersihkan rutin.

Jangan lupa untuk menyikat lidahmu secara lembut atau menggunakan penggosok lidah khusus. Jangan lupa gunakan mouthwash agar lebih bersih usai menyikat gigi.

3. Leher bagian belakang

Bagian belakang leher merupakan area yang hangat dan kadang bisa lembab, terutama bila kamu memiliki rambut panjang, berkerudung, atau kerap berolahraga. Area seperti ini merupakan area yang disenangi oleh tungau dan bakteri.

Saat mandi jangan melewatkan untuk membersihkannya dengan seksama, atau menggunakan lulur untuk membantu apabila telah terjadi penumpukan daki.

4. Selangkangan

Selangkangan sering menjadi area yang terlupakan dan kerap sudah berawarna hitam. Biasanya disebabkan bakteri atau gesekan yang timbul akibat pakaian sehingga sel kulit mati menumpuk.

Bersihkan selangkangan dengan perlahan dan hati-hati saat mandi bisa membantu mengurangi warna hitam. Jangan menggunakan alat-alat kasar karena area di sekitar kelamin cukup sensitif dan bisa menyebabkan iritasi atau luka.

5. Siku dan lipatannya

Bisa saja saat mandi kamu menyabuni tangan dan pasti siku, namun kamu pasti tak terlalu memberikan perhatian khusus. Mengapa? Karena kita kerap menaruh siku di tempat-tempat kotor, misal meja makan atau meja kerja tanpa sadar.

Siku bisa menjadi kering dan bersisik, sehingga membuatnya rentan terjadi retakan kulit mikro yang menjadi gerbang masuk bagi bakteri, dan menyebabkan infeksi kulit serta jaringan lunak. Bagian dalam siku juga kerap terlupakan untuk dibersihkan secara seksama.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)