Perjalanan Ria Irawan Lawan Kanker dari Stadium 3 hingga Metastase

ADVERTISEMENT

Perjalanan Ria Irawan Lawan Kanker dari Stadium 3 hingga Metastase

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumat, 06 Sep 2019 19:07 WIB
Ria Irawan cukup lama bergelut dengan kanker kelenjar getah bening (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta - Aktris senior Ria Irawan hari ini kembali dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) karena kesehatan yang menurun. Ria yang pernah mengidap kanker kelenjar getah bening dirawat kembali karena mengalami mestastasis sejak 1 September 2019.

Adik dari Ria, Dewi Irawan, mengatakan bahwa kakaknya kembali dirawat karena sel kankernya menjalar ke otak hingga paru-parunya. Dalam istilah kedokteran, keadaan kanker yang menjalar ini disebut dengan metastasis atau metastase.

Ria merupakan survivor atau penyintas kanker kelenjar getah bening stadium 3 yang diidapnya sejak tahun 2014. Kanker tersebut diketahuinya setelah menjalani operasi pengangkatan rahimnya yang menebal. Ia sempat dinyatakan sembuh dan bersih.



Pada Desember 2016, Ria kembali dikejutkan dengan kemunculan kanker tersebut di rongga perutnya. Ia harus menjalani kemoterapi untuk mengobati kankernya yang telah menjalar, namun sebelumnya ia lebih dulu ingin melaksanakan pernikahannya dengan Mayky Wongkar.

Awal tahun 2019, Ria dinyatakan telah sembuh dari kanker getah bening yang diidapnya selama lima tahun.



Kanker getah bening merupakan kanker yang menyerang sistem limfatik, yaitu bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi. Sistem limfatik meliputi kelenjar getah bening (kelenjar getah bening), limpa, kelenjar timus dan sumsum tulang. Kanker ini juga dapat mempengaruhi semua area tersebut serta organ-organ lain di seluruh tubuh.

Saat ini, Ria kembali berjuang untuk menghadapi metastasis kanker. Metastasis atau metastase merupakan kondisi kanker yang sudah menyebar di dalam tubuh. Sel-sel kanker ini dapat menyebar ataupun berpindah ke jaringan normal yang letaknya berdekatan.

Kanker ini juga bisa menyebar secara regional ke kelenjar getah bening, jaringan, atau organ sekitarnya hingga bagian tubuh yang letaknya lebih jauh. Kanker pada fase ini lebih sering disebut dengan kanker stadium IV (empat).



Simak Video "AS Berencana Cabut Status Darurat Covid-19, Indonesia Kapan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT