Minggu, 08 Sep 2019 10:07 WIB

Tips Sehat Petarung MMA Khabib Nurmagomedov: Masak Sendiri

Rosmha Widiyani - detikHealth
Khabib Nurmagomedov menjaga asupan nutrisi dengan masak sendiri (Foto: Mahmoud Khaled/AP Photo) Khabib Nurmagomedov menjaga asupan nutrisi dengan masak sendiri (Foto: Mahmoud Khaled/AP Photo)
Jakarta - Petarung Mixed Martial Arts (MMA) Khabib Nurmagomedov kembali berlaga di kelas lightweight untuk 66-70 kilogram. Sebagai atlet, tubuh yang sehat menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi.

Dikutip dari Health Yogi, Nurmagomedov punya tips diet yang sederhana. Petarung kelahiran Rusia tersebut terbiasa memasak sendiri makanannya. Apalagi jika tidak sedang berada di luar negeri, atau dalam perjalanan menuju pertandingan.

"Makanlah jika lapar dan minum saat haus, jangan sampai dibatasi karena berisiko buruk bagi kesehatan. Kuncinya adalah memilih asupan supaya sesuai kebutuhan tubuh, salah satunya dengan masak sendiri. Tubuh kita pintar jadi jangan coba-coba mengakali dengan makan sembarangan atau membatasi porsinya," kata nutrisionis Tyler Minton yang sempat bekerja sama dengan Nurmagomedov.



Nurmagomedov memilih bahan makanan organik yang dimasak sederhana. Pengolahan bahan masakan tidak menggunakan terlalu banyak gula, garam, dan lemak. Nurmagomedov tetap memilih asupan berbahan organik saat tidak bisa mengolah sendiri makanannya.

Untuk buah dan sayur biasanya dimakan tanpa diolah rumit, misal dibuat smoothie. Nurmagomedov jelas punya waktu libur dari dietnya atau yang disebut cheating time. Saat itu Nurmagomedov memilih pizza yang tidak berukuran besar dan minim lemak. Menurutnya konsumsi makanan tidak sehat merusak tubuh yang berisiko buruk pada penampilannya.



Simak Video "Ingin Sehat Saat Puasa, Yuk Simak Tips dari Ibnu Jamil!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)