Minggu, 08 Sep 2019 15:45 WIB

Nia Daniaty Alami Memar Karena Kecelakaan, Begini Tips Agar Tidak Bengkak

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Nia Daniaty alami memar akibat kecelakaan. Foto: Ainur Rofiq Nia Daniaty alami memar akibat kecelakaan. Foto: Ainur Rofiq
Jakarta - Baru-baru ini, penyanyi senior Nia Daniaty mengalami kecelakaan di Bojonegoro, Jawa Timur. Hal ini menyebabkan Nia mengalami luka ringan, yaitu memar dibagian rahang pipinya.

"Memang ada memar dan diberikan suntikan agar tidak terlalu sakit," ujarnya lewat postingan Instagram.

Memar adalah cedera kulit umum yang menyebabkan perubahan pada warna kulit. Darah yang berasal dari sel-sel darah yang rusak jauh di bawah kulit kemudian berkumpul di dekat permukaan kulit. Keadaan ini menghasilkan tanda hitam dan biru pada permukaan kulit tersebut.

Pada umumnya, memar ringan karena terbentur benda keras akan hilang dalam kurun waktu 2-3 minggu. Tetapi ada beberapa kasusmemar yang membutuhkan waktu lama untuk dapat sembuh.

Dilansir dari WebMD, berikut ini merupakan cara atau tips untuk mengatasi memar agar tidak menimbulkan bengkak pada luka tersebut.



1. Kompres dengan es batu

Kompres dengan es batu ataupun benda lain yang beku ke daerah yang memar selama 20-30 menit. Cara ini berguna untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi pembengkakan. Perlu diingat, sebelum mengompres es harus dilapisi dengan handuk atau kain agar tidak bersentuhan langsung dengan kulit.

2. Mengkonsumsi Asetaminofen

Jika rasa sakit pada daerah memar tidak tertahankan, minum Asetaminofen. Namun, saat meminum ini baca baik-baik perintah pemakaian dan harus di minum saat benar-benar diperlukan. Asetaminofen sendiri merupakan obat analgesik yang digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri pada memar dan mengatasi demam. Hindari konsumsi aspirin atau ibuprofen, karena obat ini dapat memperlambat pembekuan darah yang pada akhirnya dapat memperpanjang pendarahan.

3. Kompres dengan handuk hangat

Setelah dua hari di kompres air dingin, selanjutnya kompres atau usap bagian yang memar dengan handuk atau kain hangat. Lakukan selama 10 menit atau lebih, dua hingga tiga kali dalam sehari. Cara ini dapat meningkatkan aliran darah ke area yang memar dan memungkinkan kulit menyerap kembali darah dengan cepat. Akhirnya, memar di area tersebut pudar warnanya.



Simak Video "Bungee Workout, Olahraga Paduan Tari dan Akrobat"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)