Senin, 09 Sep 2019 05:01 WIB

5 Tanda Diabetes yang Kerap Tak Disadari, Salah Satunya Cepat Lapar

Rosmha Widiyani - detikHealth
Diabetes seringkali tak bergejala (Foto: shutterstock) Diabetes seringkali tak bergejala (Foto: shutterstock)
Jakarta - Sebuah riset mengatakan, 25 persen orang dengan diabetes tidak tahu mengalami gejala penyakit tersebut. Tahu sejak dini memungkinkan penanganan secepatnya, sebelum makin parah.

"Pada pasien diabetes tidak ada yang tiba-tiba merasa haus, lapar, dan ingin ke kamar mandi. Gejala diabetes meningkat perlahan, sehingga tidak disadari saat makin parah," kata konsultan diabetes bersertifikat Melissa Joy Dobbins, RD dikutip dari The Healthy.



Berikut 5 tanda diabetes yang kerap tidak disadari.

1. Lebih sering ke kamar mandi

Saat diabetes, efisiensi tubuh mengolah makanan menjadi glukosa turun. Akibatnya, gula banyak terdapat dalam aliran darah yang berusaha dikeluarkan tubuh melalui Buang Air Kecil (BAK).

"Kita mungkin hanya berpikir sebagai BAK biasa. Namun ini harus jadi peringatan, apalagi abila sampai mengganggu tidur di malam hari," kata Dobbins.

2. Lelah sepanjang hari

Merasa lelah saat beraktivitas adalah hal yang biasa. Namun rasa lelah yang terus dirasakan sepanjang hari harus menjadi perhatian. Tubuh mungkin tidak mendapat cukup energi karena proses pengoalahan makanan yang kurang efisien.

"Salah satu tanda diabetes adalah tubuh yang kurang efisien memecah gula. Akibatnya tubuh tidak mendapat cukup bahan bakar, sehingga terus merasa lelah dan tidak bersemangat," kata Dobbins.



3. Terus merasa lapar dan mau pingsan

Lapar dan gula darah yang naik turun sepanjang hari adalah hal yang wajar. Asal tidak terlalu rendah, biasanya seseoang masih baik-baik saja. Masalah muncul jika gula darah turun terlalu rendah, hingga lapar sepanjang hari dan nyaris hilang kesadaran.

Gejala lain yang menyertainya adalah rasa dingin, berkeringat, pusing, dan linglung. Jika ini terjadi sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Lebih haus dari biasanya

Rasa haus memang bisa dipicu buang air kecil terus menerus. Namun hal ini berbeda pada mereka yang mengalami diabetes.

Dalam kasus ini, Dobbins biasa bertanya pada pasien minuman yang biasa dikonsumsi untuk mengatasi haus. Berbagai jenis minuman kemasan biasanya kaya gula yang mengakibatkan kadar gula darah cepat naik turun. Hal ini bisa memicu terjadinya diabetes.

5. Gampang marah

Kadar gula yang naik turun bisa berdampak pada stabilitas mood. Misal jadi lebih gampang marah dan moody. Pada beberapa kasus, kadar gula yang terlalu tinggi mirip gejala depresi.



Simak Video "Risiko Diabetes Lebih Tinggi Kalau Punya Teman Sedikit?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)