Senin, 09 Sep 2019 09:43 WIB

5 Fakta Tumor Otak Metastasis yang Perlu Anda Ketahui

Michelle Natasya - detikHealth
Kanker bisa menyebar ke mana saja, termasuk ke otak (Foto: thinkstock) Kanker bisa menyebar ke mana saja, termasuk ke otak (Foto: thinkstock)
Jakarta - Sempat dinyatakan sembuh, aktris Ria Irawan kembali harus dirawat karena kanker yang pernah diidapnya mengalami metastasis. Dalam unggahan terbaru, Ria mengatakan ada tumor di kepalanya yang membuat saraf bicaranya tertekan sehingga ia harus pelan-pelan belajar bicara lagi.

Tidak disebutkan apakah tumor di kepala Ria berhubungan dengan riwayat kanker sebelumnya. Namun dalam banyak kasus, otak merupakan salah satu organ yang kerap diserang oleh metastasis kanker.

Dikutip dari National Brain Tumor Society, tumor otak metastasis adalah tumor yang dimulai sebagai kanker di bagian tubuh lain. Beberapa sel kanker dapat dibawa ke otak oleh darah atau cairan limfatik, atau dapat menyebar dari jaringan yang berdekatan.



Berikut 5 fakta tentang tumor otak metastasis yang perlu diketahui :

1. Tumor otak metastatis adalah tumor otak yang paling umum terjadi. Biasa terjadi pada pria dan wanita paruh baya atau lanjut usia.

2. Tumor otak biasanya bermetastasis dari kanker paru-paru, payudara, usus besar, ginjal, atau kulit (melanoma), tetapi bisa juga berasal dari bagian tubuh lainnya.

3. Sebagian besar terletak di otak besar. Tetapi juga bisa berkembang di otak kecil atau batang otak.

4. Gejalanya berupa kejang, sakit kepala, perubahan perilaku dan kognitif, serta kurang koordinasi tubuh.

5. Sebagai pengobatan, pembedahan dan radiosurgery adalah perawatan standar jika lesi (jaringan abnormal) jumlahnya terbatas dan dapat diakses. Kedua perawatan ini mungkin dibarengi dengan terapi radiasi seluruh otak atau Whole brain radiation therapy (WBRT). Jika lesi banyak jumlahnya, maka WBRT saja dapat diberikan. Kemoterapi khusus untuk tumor metastasis yang berlokasi di otak juga dapat digunakan.



Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)