Senin, 09 Sep 2019 10:11 WIB

Gara-gara Doyan Makan Seafood Mentah, Pria Ini Terinfeksi Cacing Parasit

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi makanan laut mentah. Foto: iStock Ilustrasi makanan laut mentah. Foto: iStock
Jakarta - Seorang pria asal Fuzhou, Provinsi Fujian, China yang dikenal bernama Lim, terinfeksi cacing parasit yang diawali dengan gejala demam tinggi dan batuk yang berlangsung lama.

Dikutip dari ET Today, Lim tiba-tiba mengalami batuk terus-menerus dan berdahak. Gejalanya memburuk menjadi demam tinggi hingga lebih dari 39 derajat Celsius. Gejalanya itu berlangsung sekitar 10 hari.

Awalnya, Lim berusaha mengobati gejalanya itu dengan mengonsumsi obat yang bisa dibeli di apotek, namun kondisinya tidak kunjung membaik. Lim pun akhirnya memutuskan untuk mengunjungi dokter.

Dokter menjalankan beberapa tes pada Lim, seperti scan sinar-X. Saat itu lah penemuan yang mengejutkan terungkap. Ada banyak cacing parasit hidup dan merangkak di hatinya.



Lim terinfeksi cacing hati yang disebut Clonorchis sinensis, yang merupakan cacing parasit. Infeksi pada manusia biasanya terjadi setelah makan makanan laut atau seafood mentah atau kurang matang atau selada air. Parasit ini memiliki rentang hidup yang sangat panjang setelah mencapai usia dewasa dan sering menghabiskan 20-30 tahun di dalam inangnya.

Setelah ditanyai oleh dokter, Lim mengaku doyan makan sashimi dan udang air tawar. Ia suka makanan laut mentah karena merasa segar dengan memakan itu. Tak tanggung-tanggung, ia doyan makan seafood mentah itu selama tiga tahun belakangan.

Dokter pun menyarankan untuk menghindari makan makanan mentah agar terhindar dari infeksi serupa. Jika memang harus makan makanan mentah seperti sashimi, sebaiknya pastikan makanan itu disiapkan dengan benar dan aman sebelum dikonsumsi.

"Tidak ada gejala yang jelas pada tahap awal penyakit gagal hati, dan perjalanan penyakitnya relatif lambat dan berkembang perlahan, begitu ada gejala seperti ketidaknyamanan perut bagian atas, kelelahan, dan demam yang berkepanjangan, Anda harus lebih waspada," saran dokter yang menanganinya.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)