Senin, 09 Sep 2019 13:27 WIB

Video Pedagang Tumpahkan Sebungkus MSG ke Masakan Viral, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Video pedagang menumpahkan sebungkus msg ke masakan viral di media sosial. (Foto: Tangkapan layar Instagram) Video pedagang menumpahkan sebungkus msg ke masakan viral di media sosial. (Foto: Tangkapan layar Instagram)
Jakarta - Monosodium glutamate (MSG) atau biasa disebut micin sering digunakan sebagai penyedap makanan karena bisa menciptakan rasa umami. Terkait hal tersebut belakangan viral video yang menunjukkan seorang pedagang wanita sedang memasak menggunakan 'sebungkus' MSG.

Netizen memberikan reaksi dengan sebagian besar menyebut dampak buruk MSG. Ada juga yang kaget tidak menyangka kalau makanan yang dijual para pedagang bisa banyak menggunakan MSG seperti ditunjukkan video.

"Pulang ke rumah langsung lupa ingatan," komentar satu pengguna Instagram di video yang sudah ditonton hampir 200 ribu kali.


Dikutip dari laporan Sanook, pedagang dalam video diketahui bernama Tanyaporn Natawat (42) dari Thailand. Ia mengaku tidak ada yang aneh dengan menggunakan MSG karena resep itu udah digunakan keluarganya selama bertahun-tahun.

"Saya tidak pakai satu bungkus, enggak perlu kaget!... Saya cuma pakai setengah bungkus," kata Tanyaporn.

Viralnya video dan komentar netizen menunjukkan bahwa masih banyak yang percaya mitos MSG berbahaya untuk kesehatan. Satu mitos yang cukup populer adalah MSG disebut bisa membuat otak jadi bodoh.

Direktur Standarisasi Produk Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Drs Tepy Usia, Apt, MPhil, PhD, pernah menjelaskan beberapa penelitian di dunia sebetulnya sudah menyatakan bahwa MSG aman dikonsumsi.

Leona Victoria Djajadi MND, ahli gizi dan diet dari University of Sydney, juga membantah kalau MSG buruk untuk otak. Tapi bukan berarti aman untuk dikonsumsi berlebihan.

"Yang ada, MSG itu kandungan natrium (garam)-nya tinggi. Jadi mesti dipertimbangkan terutama bagi penderita hipertensi dan penyakit ginjal," jelas Victoria melalui pesan singkat beberapa waktu lalu.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)