Senin, 09 Sep 2019 17:12 WIB

Meski Bisa Atasi Mata Minus Tanpa Operasi, Hasil Ortho-K Tidak Permanen

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi mata. (Foto: thinkstock) Ilustrasi mata. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Selain metode LASIK atau laser-assisted in situ keratomileusis, terdapat prosedur lain yakni Ortho-K (Orthokeratology) untuk mengatasi gangguan kacamata khususnya pada anak yang masih belum memungkinkan untuk operasi.

Spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC), dr Damara Andalia, SpM mengatakan pada dasarnya, ortho-k adalah lensa kontak yang di desain khusus untuk mencegah penambahan bahkan menghilangkan minus dengan cara mengatur ulang kornea. Meski demikian, berbeda dengan LASIK, hasil yang didapatkan dari pemakaian ortho-k hanya sementara.

"Jadi ini bukan permanen karena tidak menggunakan pisau dan bedah," katanya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.


Ortho-k menggunakan tekanan hidrolik yang di desain khusus untuk menekan kornea secara gentle. Jika digunakan dalam rentang waktu tertentu, bentuk kornea akan berubah dan saat stop dipakai, maka minus dan silindernya kembali lagi.

"Ortho-k bekerja efektif ketika dipakai sehingga saat dipakai setiap malam, disitulah terjadi metode penghambatan minus dan silinder. Ketika stop dipakai, perjalanan minus dan silindernya akan berjalan seperti biasa," tambahnya.

Jika ingin menghilangkan mata minus secara permanen, tetap disarankan melakukan metode LASIK. Namun jika masih takut untuk operasi atau usia belum cukup dan masih terhalang beberapa persyaratan untuk LASIK, ortho-k bisa menjadi alternatif untuk menghambat penambahan minus.

"Misal yang mau diambil benefitnya adalah menghambat penambahan minus, jadi bisa dipakai sampai pasien mau LASIK," ujar dr Damara menghakhiri percakapan.



Simak Video "Tips Atasi Mata Minus dan Silinder pada Anak Balita"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)