Senin, 09 Sep 2019 18:17 WIB

Jenis-jenis Tumor Otak yang Sebaiknya Anda Tahu

Michelle Natasya - detikHealth
Tumor otak ada banyak macamnya (Foto: iStock) Tumor otak ada banyak macamnya (Foto: iStock)
Jakarta - Aktris Ria Irawan kini dirawat di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM). Dalam unggahan akun Instagramnya pada Minggu (8/9/2019), ia mengaku ada tumor di kepala yang mengganggu saraf bicaranya.

Belum diketahui pasti apakah tumor di kepala Ria merupakan metastase dari kanker limfoma yang sebelumnya diidapnya. Namun pada orang dewasa, tumor otak akibat metastase atau metastasis dari kanker lebih banyak terjadi daripada tumor otak primer.



Dikutip dari Mayo Clinic, terdapat beberapa jenis tumor otak sebagai berikut :

1. Tumor otak sekunder (metastasis). Ini merupakan tumor yang berasal dari kanker di bagian lain tubuh dan kemudian menyebar (bermetastasis) ke otak. Setiap kanker dapat menyebar ke otak, tetapi jenis-jenis yang termasuk umum adalah kanker payudara, kanker usus besar, kanker ginjal, kanker paru-paru, dan Melanoma.

2. Tumor otak primer. Tumor ini berasal dari otak itu sendiri atau jaringan yang berada di dekatnya, seperti di selaput otak (meninges), saraf kranial, kelenjar pituitari, atau kelenjar pineal. Tumor otak primer dimulai ketika sel-sel normal mengalami kesalahan mutasi dalam DNA mereka. Mutasi ini memungkinkan sel untuk tumbuh dan membelah dengan laju yang meningkat sehingga sel yang sehat akan mati. Hasilnya, membentuk sel abnormal yang membentuk tumor.



Berikut jenis tumor otak primer :

- Glioma. Tumor ini dimulai di otak atau sumsum tulang belakang dan termasuk astrositoma, ependymoma, glioblastoma, oligoastrocytomas, dan oligodendroglioma.

- Meningioma. Meningioma adalah tumor yang muncul dari selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang (meninges). Sebagian besar meningioma bersifat non-kanker

- Neuroma akustik (schwannomas). Ini adalah tumor jinak yang berkembang pada saraf yang mengontrol keseimbangan dan pendengaran yang mengarah dari telinga bagian dalam ke otak.

- Adenoma hipofisis. Sebagian besar adalah tumor jinak yang berkembang di kelenjar hipofisis di dasar otak. Tumor ini dapat mempengaruhi hormon hipofisis dengan efek di seluruh tubuh.

- Medulloblastomas. Ini adalah tumor otak kanker paling umum pada anak-anak. Medulloblastoma dimulai di bagian belakang bawah otak dan cenderung menyebar melalui cairan tulang belakang. Tumor ini kurang umum pada orang dewasa, tetapi bisa saja terjadi.

- Tumor sel germinal. Tumor sel germinal dapat berkembang selama masa kanak-kanak di mana testis atau ovarium akan terbentuk. Tetapi kadang-kadang tumor sel germinal mempengaruhi bagian lain dari tubuh, seperti otak.



Simak Video "Bunda, ASI Eksklusif Bisa Lindungi Anak dari Kanker Darah"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)