Selasa, 10 Sep 2019 10:16 WIB

Badan Cepat Lelah? Mungkin Kamu Kurang Konsumsi Ini

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstocks Foto: shutterstocks
Jakarta -

Di tengah padatnya aktivitas seringkali membuat seseorang mudah kelelahan. Tak heran apabila otot terasa kaku dan kram sering menyerang. Jika hal itu sering terjadi, sebabnya bisa karena kekurangan kalsium. Kekurangan kalsium bukan hanya menyebabkan osteoporosis, tapi ada banyak gangguan kesehatan yang bisa muncul. Kalsium tidak hanya dibutuhkan oleh tulang tapi juga dibutuhkan oleh otot.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur, kekurangan kalsium dapat memicu kontraksi otot yang tidak stabil sehingga mengakibatkan kram otot.

"Pada beberapa orang kram otot sering membuat kesakitan dan tidak nyaman. Sedangkan kalau badan cepat letih juga bisa disebabkan kekurangan zat besi," ujar dr Muliaman, saat dihubung detik Health, Selasa (10/9/2019).

Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian agar tulang, otot dan tubuh tetap sehat salah satunya dengan minum susu tinggi kalsium. Menurut dr Muliaman, kalsium (Ca) merupakan mineral yang paling banyak terdapat di dalam tubuh. Sekitar 2% dari seluruh bobot manusia dewasa terdiri dari kalsium. Lebih dari 99% kalsium ada di dalam tulang dan gigi.

"Kalsium dibutuhkan mulai saat dalam kandungan sampai usia dewasa. Kebutuhan kalsium sehari adalah sekitar 800-1000 mg/hari, Pada saat usia 30-an mulai terjadi penurun pemadatan tulang, sehingga dibutuhkan kalsium yang lebih tinggi sekitar 1000 mg per hari," ujarnya.

Sementara pada pria usia lanjut dan wanita menopause, dr Muliaman menganjurkan agar asupan kalsium per hari mencapai 1000-1200 mg. Kalsium mempunyai peran vital pada tulang sehingga jika terjadi kekurangan bisa timbulnya osteoporosis.

dr Muliaman menambahkan, sumber kalsium itu sendiri terbagi dua, yaitu hewani dan nabati. Sumber Utama kalsium adalah susu dan makanan yang diolah dengan bahan utama susu. Sedangkan bahan makanan lain yang juga banyak mengandung kalsium adalah sereal, kacang-kacangan, tahu, tempe dan ikan yang dimakan dengan tulangnya.

"Sayuran hijau seperti bayam, sawi, daun melinjo, katuk, selada air dan daun singkong juga mengandung kalsium," ujarnya.

Untuk membantu penyerapan kalsium, lanjut dr Muliaman, perlu suasana asam. Karena itu, sebaiknya sumber kalsium diberikan bersama laktosa (terdapat dalam susu) sehingga membantu penyerapan kalsium jika dibandingkan dengan kalsium tablet atau efferversence.

"Penyerapan kalsium akan baik dalam suasana asam, dan disebutkan laktosa adalah kendaraan terbaik mengangkut dan menyerap kalsium makanya susu menjadi pilihan utama sebagai sumber kalsium dibandingkan tablet dan suplemen," ujarnya.

Sebaiknya dalam memilih nutrisi tidak hanya sebatas tinggi kalsium untuk kesehatan tulang atau mencegah osteoporosis, tapi juga untuk manfaat lain. Seperti untuk kesehatan jantung dan memperlambat proses penuan organ-organ dalam. Maka pilihlah yang mengandung antioksidan, omega 3 dan omega 6 seperti Enterasol.

Susu Entrasol tidak hanya tinggi kalsium, namun juga mengandung nutrisi lain yang lengkap dan seimbang. Entrasol diperkaya dengan hytolive (ekstrak buah zaitun) yang bermanfaat sebagai antioksidan alami yang baik untuk tubuh dan kesehatan.





Simak Video "Penjelasan Dokter Soal Viral Masker Pantyliner untuk Lawan Asap"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)