Selasa, 10 Sep 2019 11:10 WIB

Kulit Gelap Lebih Aman dari Kanker Kulit? Ini Faktanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kulit gelap juga berpotensi terkena kanker kulit. Foto ilustrasi: Thinkstock Kulit gelap juga berpotensi terkena kanker kulit. Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Dokter kulit di University of California, San Fransisco (UCSF), dr Jenna Lester membeberkan ungkapan umum yang menyebutkan 'hitam takkan retak'. Itu mengartikan bahwa kulit gelap akan aman dari sinar matahari, tidak mudah mengalami keriput pada kulitnya, dan tidak membutuhkan tabir surya.

"Jika kulit yang kalian miliki kaya akan melanin mungkin tidak apa, tapi sebenarnya semua itu tidak benar," ujar dr Lester.

Faktanya, terlalu banyak terpapar sinar matahari juga dapat menyebabkan masalah umum, tidak terkecuali orang yang berkulit gelap. Masalah kulit yang muncul seperti hiperpigmentasi dan melasma (bintik hitam). Kulit gelap yang tidak terlindungi dari sinar ultraviolet dapat menyebabkan kanker kulit.



"Melanoma merupakan bentuk kanker kulit yang paling berbahaya. Kanker ini memang kurang umum dikalangan orang dengan warna kulit yang lainnya. Tapi, tingkat kematian yang disebabkannya jauh lebih tinggi," jelas dr Lester yang dikutip dari Medicinenet.

Keadaan ini bisa terjadi karena beredarnya informasi yang keliru tentang kulit yang lebih gelap. Padahal, untuk orang yang berkulit gelap sekalipun sangat mungkin mengalami kanker kulit.

Seperti salah satu penyanyi yang melegenda Bob Marley. Ia meninggal pada usia 36 tahun akibat melanoma yang agresif, terutama pada orang kulit gelap.

Orang Amerika berkulit hitam memiliki peluang hidup yang sedikit karena melanoma dari kelompok ras lainnya di Amerika Serikat (AS). Hal ini disebabkan karena pada kulit gelap, melanoma baru bisa didiagnosis secara pasti pada tahap selanjutya, saat melanoma sudah sulit untuk diobati.

Akibatnya, di AS hanya 66 persen orang kulit gelap dan 90 persen orang kulit putih mengidap melanoma, yang memiliki peluang hidup selama lima tahun ke depan. dr Lester menyarankan, orang yang berkulit gelap harus segara melakukan tindakan pencegahan melanoma dengan mengetahui tanda-tanda kanker kulit.

"Tahun lalu, saya membuka klinik UCSF Skin of Color yaitu salah satu klinik di AS yang khusus menangani pasien dengan kulit berwarna. Saat pasien masuk ke ruangan, mereka mengatakan sebelumnya belum pernah memiliki dokter kulit hitam sebelumnya," katanya.

"Ini menandakan mereka juga nyaman dan bisa berkonsultasi tanpa saya harus mengatakan hal apapun pada mereka," imbuhnya.



Simak Video "Malu Punya Kulit Kering? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(Sarah Oktaviani Alam/up)