Selasa, 10 Sep 2019 13:42 WIB

Tutupi Botak di Kepala, Kourtney Kardashian Lakukan Injeksi Plasma

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kourtney Kardashian jalani injeksi plasma untuk atasi botak di kepala. Foto: Instagram @kourtneykardash Kourtney Kardashian jalani injeksi plasma untuk atasi botak di kepala. Foto: Instagram @kourtneykardash
Jakarta - Demi menutupi botak kecil di kepala, selebriti fenomenal Kourtney Kardashian menjalani injeksi PRP atau platelet-rich plasma. Proses injeksi tersebut ditayangkan dalam salah satu episode dalam reality show Keeping Up with the Kardashians.

"Hari ini aku akan menjalani PRP, mereka mengambil darahku lalu mengolahnya untuk mengambil plasma dan menggunakannya untuk disuntikkan ke kepalaku agar rambutku bisa tumbuh kembali," kata kakak kandung Kim Kardashian tersebut, seperti dikutip dari PEOPLE.

Dalam pemeriksaannya dengan dokter, wanita berusia 40 tahun itu diberitahu bahwa prosesnya akan cukup lama. Dibutuhkan dua atau tiga kali injeksi, kemungkinan dalam sekali sebulan dengan jarak waktu tiga bulan.

Botak di kepalanya diakui Kourtney kemungkinan besar adalah dampak dari keseringan menggunakan gaya rambut ponytail atau kuncir kuda. Saudari-saudarinya yang pertama kali melihat 'botak' tersebut dan menyarankannya untuk segera pergi ke dokter.


Apa sebenarnya injeksi PRP atau injeksi plasma tersebut? Situs Health Line menyatakan plasma darah mengandung protein khusus yang bisa membantu pertumbuhan sel, sehingga plasma darah ini akan membantu menstimulasi tubuh untuk memproduksi sel-sel tubuh yang baru dan sehat apabila disuntikkan ke jaringan yang mati.

Di Amerika Serikat, metode ini belum terbukti sukses dan belum disetujui oleh Administrasi Obat-obatan dan Pangan AS (FDA). Namun beberapa kali atlet-atlet terkenal menggunakannya untuk menyembuhkan beberapa cedera tertentu.

Injeksi plasma biasanya digunakan untuk menangani rambut rontok, cederan tendon atau cedera akut yang terjadi pada atlet (otot hamstring misalnya), osteoarthritis atau perbaikian pasca-operasi yang terkait dengan otot maupun tendon.

Menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons, injeksi plasma untuk mengatasi rambut rontok bisa memakan biasa 900 dolar AS atau 12,6 juta rupiah sekali treatment atau 2.500 dolar AS jika mengambil keseluruhan tiga treatment, yakni setara 35 juta rupiah.



Simak Video "Mengapa Operasi Plastik Hasilnya Kadang Tak Memuaskan?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)