Rabu, 11 Sep 2019 05:00 WIB

Pentingnya Minum Air Putih Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Minum air putih saat bangun tidur bisa memperbaiki fungsi tubuh (Foto: Istock) Minum air putih saat bangun tidur bisa memperbaiki fungsi tubuh (Foto: Istock)
Jakarta - Anjuran untuk meminum air masih gencar digaungkan hingga kini. Rutin minum air merupakan aktivitas yang sangat murah dan mudah namun kerap kali disepelekan, padahal manfaatnya bagi kesehatan sangat besar.

Sekitar 75 persen dari berat badan kita terdiri dari air, dan tubuh bergantung pada air untuk nyaris segala reaksi kimia yang terjadi agar tetap berfungsi optimal.

"Kita bisa kelewat sibuk sampai kita sendiri lupa untuk minum, bahkan ketika haus sekalipun. Dan minum saat sedang makan bukanlah waktu yang baik, karena bisa melarutkan cairan cerna dan mengganggu perut," terang Don Colbert, MD, penulis buku 'Eat This and Live', dikutip dari Live Strong.

Oleh karena itu, meminumnya di pagi hari saat perut kosong, setidaknya dua gelas tepat setelah bangun tidur menjadi waktu yang ideal. Air tidak akan mengganggu pencernaan dan juga menghindarkanmu dari dehidrasi.



Situs Business Insider menyebutkan bahwa dehidrasi atau kondisi tubuh saat kekurangan cairan bisa sangat berbahaya. Apalagi jika dehidrasi berlangsung dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan serangkaian penyakit seperti rheumatoid arthritis, migrain, angina, colitis dyspepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, TB, batu ginjal, sinusitis, hingga kebutaan dalam kasus tertentu.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah deretan manfaat kesehatan dan pentingnya minum air usai bangun tidur:

1. Minum air tepat usai bangun tidur menstimulasi gerakan usus dan menyingkirkan racun

2. Meningkatkan metabolisme sehingga usus bisa menyerap lebih banyak nutrisi

3. Air menyegarkan tubuh dan juga bebas kalori, bisa membantumu menurunkan berat badan

4. Mencegah konstipasi dan sembelit di pagi hari

5. Membuat kulit bersinar cerah dan juga lembab

6. Menyehatkan rambut dan menjaganya sehat dan bersinar

7. Meminum air saat perut kosong bisa melarutkan asam yang menyebabkan batu ginjal dan infeksi saluran kencing

8. Menguatkan kekebalan tubuh sehingga membuatmu tak mudah sakit.



Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)