Rabu, 11 Sep 2019 11:52 WIB

Ada-ada Saja! Wanita Diduga Mabuk Telan Sendok 15 Cm dan Melupakannya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi sendok. Foto: iStock/Telegraph Ilustrasi sendok. Foto: iStock/Telegraph
Jakarta - Seorang wanita di Provinsi Shandong, China mengeluhkan sakit perut yang luar biasa pada dokter di awal bulan ini. Wanita yang tak disebut namanya itu pun harus melalui scan sinar-X untuk menemukan apa penyebabnya.

Dikutip dari Fox News, hasil dari scan perutnya ditemukan sebuah sendok dengan panjang sekitar 6 inci atau 15 cm. Bahkan wanita itu pun lupa jika dia telah menelan sebuah sendok karena diduga sedang mabuk.

Dokter yang menanganinya, dr Fan Guangxue pun memutuskan untuk melakukan tindakan gastroskopi, yaitu prosedur pemeriksaan pada bagian perut menggunakan endoskop atau tabung kecil yang dimasukkan melalui mulut.



"Tetapi mengeluarkan sendok melalui gastroskopi sangat sulit. Pertama-tama sendok itu panjangnya lebih dari 10 sentimeter. Itu juga sangat halus dan licin, dan karenanya sulit dikendalikan atau diraih," ungkap dr Fan.

Dengan berbagai cara, dr Fan membuat lingkaran snare di bagian ujung tabung yang berfungsi untuk meraih sendok keluar melalui mulut wanita itu. Setelah terjerat, sendok pun sulit dikeluarkan lantaran macet di saluran pencernaannya.

Akhirnya setelah upaya yang cukup panjang, sendok itu pun berhasil dikeluarkan. dr Fan menyebut, jika saja wanita itu menyadari lebih lama, sendok bisa membuat infeksi bahkan luka serius di saluran pencernaannya.



Simak Video "Pembalut Kok Buat Mabuk?"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)