Jumat, 13 Sep 2019 09:10 WIB

Kurus Bukan Jaminan Bebas dari Serangan Jantung

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
orang kurus bukan jaminan tidak terkena serangan jantung. Foto ilustrasi: iStock orang kurus bukan jaminan tidak terkena serangan jantung. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Serangan jantung bisa mengenai siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Bahkan bisa mengenai mereka yang berusia muda atau juga mereka yang kurus.

Menurut dr Vito A. Damay, SpJP (K), MKes, FIHA, FICA, serangan jantung dapat diatasi dengan menjaga pola hidup sehat. Dia mengatakan, orang yang ingin kurus bisa hanya dengan melakukan diet saja, namun tidak dengan serangan jantung. Maka perlu ditunjang dengan olahraga dan medical check up.



"Setiap kita aerobik, naik sepeda, naik turun tangga, itu pembuluh darah baru jadi ada alternatif. Sehingga kalau terjadi serangan jantung, ada jalan tambahan. Jadi kurus itu belum cukup sebenarnya," ujarnya di Menara Bank Mega, Kamis (12/9).

Beberapa faktor risiko serangan jantung adalah mereka yang merokok dan mempunyai kolesterol tinggi. Pada orang merokok, kondisi jantungnya membesar dan menyebabkan gagal jantung.

Gagal jantung merupakan kondisi jantung yang melemah dan bisa menurunkan kualitas kerja jantung.



Simak Video "Kenalan Lebih Dekat dengan Fisioterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)