Jumat, 13 Sep 2019 12:02 WIB

Viral Pemotor Nyaris Pingsan Karena Kabut Asap di Riau, Ini Penjelasannya

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Viral wanita sesak napas saat bawa motor di Dumai (screenshoot-ist) Foto: Viral wanita sesak napas saat bawa motor di Dumai (screenshoot-ist)
Jakarta - Beredar video viral menunjukkan seorang wanita di Dumai, Riau, ditolong oleh tiga pria karena hampir terjatuh dari motornya. Ia disebut mengalami sesak napas karena berkendara di tengah kabut asap yang pekat.

"Kejadiannya tadi pagi, di Sultan Syarif Kasim depan Kantor Bank Riau-Kepri. Ibu yang di atas motor tadi kabarnya mengalami sesak nafas ," kata salah satu warga, Oyon, pada detikcom.

Bagaimana polusi udara yang parah bisa secara langsung berdampak membuat kesadaran menurun?



Dikutip dari situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara umum polusi yang terhirup dapat menimbulkan peradangan pada saluran napas. Dampaknya paparan polusi yang akut dapat menyebabkan seseorang jadi kesulitan bernapas.

"Partikel beracun dari polusi yang kadang bisa sekecil molekul dapat menembus lapisan pelindung paru-paru setiap tarikan napas. Di dalam paru-paru partikel akan memicu inflamasi sebagai reaksi perlawanan tubuh," ungkap WHO dalam video edukasinya.

Otak butuh suplai oksigen yang cukup untuk bisa berfungsi secara optimal, oleh sebab itu ketika kerja paru-paru terganggu karena polusi dampaknya kesadaran seseorang juga bisa menurun.



Simak Video "Kapan Waktu yang Tepat untuk Gunakan Masker atau Respirator?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/wdw)