Jumat, 13 Sep 2019 16:32 WIB

Penutup Mata Seperti Dipakai Thareq Habibie Bukan Aksesori untuk Bergaya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Thareq Kemal Habibie saat menjelaskan kondisi mendiang ayahnya BJ Habibie. Foto: Antara Foto Thareq Kemal Habibie saat menjelaskan kondisi mendiang ayahnya BJ Habibie. Foto: Antara Foto
Jakarta - Putra kedua mendiang B.J Habibie, Thareq Kemal Habibie, mencuri atensi publik dengan menggunakan penutup mata saat melakukan berbagai aktivitasnya. Tak sedikit yang berspekulasi, jangan-jangan itu cuma aksesoris untuk bergaya. Bagaimana menurut dokter?

"Kalau buat gaya, nggak mungkin lah ya. Kan tutup satu mata nggak enak," sebut spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) Kedoya, dr Florence Meilani Manurung, SpM, saat dihubungi detikcom, Jumat (13/9/2019).

Sebelumnya, dr Florence menyebut beberapa alasan seseorang menggunakan penutup mata seperti adanya kecacatan, luka dan infeksi. Tapi, kalau melihat melihat hanya dengan satu mata, akan mengganggu aktivitas tidak Dok?


"Kalau mata sudah rusak sejak kecil, itu nggak mengganggu kan sudah terbiasa. Tapi kalau waktu gede kita baru dapat, awal mungkin terganggu. Denial. Kan jarak pandangnya menjadi lebih sempit," jelasnya.

Tapi menurut dr Florence, tak perlu khawatir karena rasa tak nyaman itu hanya berlangsung sementara. Otak akan bekerja untuk menyesuaikan agar mata merasa nyaman melihat dengan satu mata.

"Sama kayak amputasi. Ketika anak lahir tak ada kaki, dia akan merasa biasa-biasa saja. Orang sekitarnya aja yang kasihan. Tapi ketika sudah besar baru teramputasi, kita kan merasa berat dan menolak ya. Tapi lama kelamaan kan kita bisa belajar," pungkasnya mengakhiri percakapan.



Simak Video "Bungee Workout, Olahraga Paduan Tari dan Akrobat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)