Sabtu, 14 Sep 2019 05:00 WIB

Sering Begadang Bisa Bahayakan Jantung, Begini Mengurangi Risikonya

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Sering begadang karena tuntutan pekerjaan bisa membahayakan jantung (Foto: Thinkstock) Sering begadang karena tuntutan pekerjaan bisa membahayakan jantung (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kesibukan yang tinggi kadang membuat seseorang harus bekerja lebih dari jadwalnya. Tak jarang sampai begadang hingga larut malam. Apakah berdampak pada kesehatan jantung?

Banyaknya tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan seringkali menyebabkan orang mengorbankan jam tidur. Menghindari stres dan kerja berlebih memang sulit.

Namun hal ini bisa diatasi. Terlebih bisa berpengaruh ke jantung, mulai dari memicu hipertensi hingga serangan jantung. Bagi yang terpaksa harus menghadapi situasi seperti itu, ada saran nih dari dokter jantung.



"Caranya kita harus tahu kapan harus istirahat, tahu batasnya. Tidur siang setengah jam sangat membantu kita segar lagi," kata spesialis jantung RS Siloam Karawaci dr Vito A Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA pada Kamis (12/9).

"Tapi memang beda dengan yang tidur malam 3 jam terus tidur siang. Tidur 8 jam tidak bisa 'ditebus' seperti itu," tambahnya.

Dia juga menyarankan agar menyelesaikan pekerjaan dengan bekerja dalam tim dan sadar akan kebutuhan tubuh sendiri. Jika sudah terasa lelah, segera beristirahat. Tak lupa mengonsumsi sayur dan buah.



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)