Sabtu, 14 Sep 2019 09:02 WIB

Cara Cegah Penyakit Jantung Sejak Muda Seperti BJ Habibie

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Presiden ketiga RI, Bachruddin Jusuf Habibie telah berpulang. Ia meninggal dunia akibat gagal jantung yang kian melemah karena sudah menua.

Putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, menyatakan jantung sang ayah akhirnya menyerah. Habibie disebut sudah memiliki masalah kesehatan jantung sejak usia muda.

"Telah meninggal pukul 18.03. Meninggal karena sudah menua, kemarin kan saya katakan gagal jantung karena penuaan," kata Thareq seperti diberitakan detikcom Rabu (11/9/2019).

"Organ-organ melemah menjadi tidak kuat lagi. Pukul 18.05 jantungnya dengan sendiri menyerah sampai titik akhir. Saya ada di situ," kata Thareq.



Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, penyakit jantung secara umum ada dua yaitu penyakit yang menyerang otot jantung dan katup jantung dan bisa terjadi baik pada usia anak-anak dan muda.

"Sedangkan yang sering disebut serangan jantung biasanya karena sumbatan pembuluh darah jantung. Serangan jantung ini yang sering ditakutkan," ujar dr Muliaman baru-baru ini.

Karena itu, untuk mencegah penyakit tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika Anda telah berusia di atas 30 tahun, beberaoa kebiasaan seperti merokok, alkohol, hingga membatasi makanan berlemak tinggi.

"Ya jantung adalah organ yang paling vital karena memompa darah. Jadi harus dijaga kesehatannya agara tetap bisa memompakan darah dan mengaliri semua jaringan tubuh. Cara menjaga nya kalau usia diatas 30 tahun adalah rutin periksa EKG minimal 1 kali pertahun, hindari merokok dan alkohol berlebihan," ujar dr Muliaman.



Merokok adalah salah satu faktor risiko paling signifikan untuk penyakit jantung. Bahan kimia dalam tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah dengan menyebabkan menyempitnya pembuluh darah karena penumpukan plak.

Kemudian, jaga kesehatan jantung dengan rutin berolahraga paling tidak 30 menit setiap hari. Olahraga teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, lanjut dr Muliaman, cukup tidur minimal 6 jam sehari dan hindari stres. Kemudian jaga berat badan dan lingkar pinggang agar tidak lebih sari 90 cm.

Olahraga yang rutin dikolaborasikan dengan gaya hidup sehat membantu Anda terhindar dari penyakit jantung yang membuat Presiden RI ke-3 BJ Habibie meninggal dunia.

Terakhir, yang paling penting adalah atur pola makan. Batasi makanan yang berlemak tinggi dan rutin konsumsi nutrive benecol 2 kali sehari terutama setelah makan-makanan berlemak. Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah 7-10% jika dikonsumsi teratur 2 kali sehari dalam 2-3 minggu.

Kandungan 1 gram Plant Stanol Ester yang terdapat di dalam sebotol Nutrive Benecol setara dengan 3 gram beta glucan yang terdapat dalam 3 mangkuk oat. (ujm/ujm)