Minggu, 15 Sep 2019 05:00 WIB

8 Waktu Terbaik Minum Air Putih yang Disarankan Ahli

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Air putih salah satu sumber terbaik untuk menggantikan cairan tubuh. (Foto: iStock) Air putih salah satu sumber terbaik untuk menggantikan cairan tubuh. (Foto: iStock)
Jakarta - Meminum air putih merupakan kegiatan yang mudah dan murah tapi memiliki dampak besar untuk kesehatan kita. Setiap harinya kita disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air, karena 80 persen tubuh kita terdiri dari air.

Agar terpenuhi, minumlah air di waktu-waktu tertentu. Selain untuk menyehatkan, bisa juga untuk melancarkan pencernaan dan mencegahmu terkena dehidrasi yang membahayakan.

Berikut 8 waktu yang tepat untuk minum air, dirangkum dari berbagai sumber:


1. Usai bangun tidur

Tubuh seperti mesin yang perlu 'dipanaskan' terlebih dahulu sebelum dipakai. Apalagi jika kamu terbiasa melewatkan sarapan, maka meminum air usai bangun tidur adalah hal yang vital. Air minum yang mengalir masuk ke tubuh memberi sinyal bahwa kini telah diaktifkan. Sistem aliran dalam tubuh membutuhkan cairan untuk menyingkirkan sisa-sisa dari kalori yang digunakan selama metabolisme semalam.

2. Sebelum makan

Minum sebelum makan membantumu merasa lebih kenyang sehingga kamu bisa mengatur porsimu agar tak kebanyakan. Saat itu juga kamu menyiapkan perutmu agar bisa menerima makanan, mengaktivasi pengecap dan melembabkan dinding perut. Sehingga makanan bisa lancar masuk dan juga membersihkan sisa-sisa makanan sebelumnya.

3. Saat lapar

Terkadang kita salah mengenali lapar sebagai rasa haus. Saat kamu merasa lapar di tengah-tengah waktu makan, minumlah segelas air. Minum air sebelum ngemil juga bisa membantu kita kenyang lebih lama dan mengendalikan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

4. Sebelum berolahraga

Kerasnya aktivitas saat berolahraga dan keringat yang mengucur keluar bisa membuat kita kehilangan banyak cairan. Hidrasi sangat penting agar terhindar dari dehidrasi akibat kekurangan cairan karena olahraga dan juga membantu mengatur suhu tubuh.


5. Setelah berolahraga

Setelah berolahraga juga menjadi saat yang penting untuk mengisi ulang cairan yang hilang. Jumlah yang dibutuhkan bergantung pada berat badan, kesehatan dan suhu ruangan. Pastikan agar tidak terlalu banyak minum untuk menghindari keram perut.

6. Saat di sekitar orang sakit

Jika di sekitarmu terdapat orang sakit, sebaiknya kamu memperbanyak minum untuk membantu menyingkitkan bakteri maupun kuman yang bisa menempel padamu tanpa kamu ketahui. Agar mencegah terjadinya penularan, tubuh yang terhidrasi dengan baik bisa menyingkirkan virus-virus yang menyebabkan kekacauan dalam sistem tubuh.

7. Saat sakit

Saat sakit kita kerap dianjurkan untuk minum lebih banyak. Bukan saran asal-asalan, namun memang benar, karena tubuh memerlukan banyak cairan untuk membantu menyingkirkan virus maupun bakteri penyebab sakit.

8. Saat lelah

Ketika merasa lelah, pulang kantor maupun sekolah, meminum segelas atau dua gelas air sangat baik. Karena kelelahan merupakan salah satu gejala dehidrasi. Air dapat mencapai ke otak dan mengaktivasinya.



Simak Video "Pentingnya Minum Air untuk Menjaga Ginjal Tetap Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)