Minggu, 15 Sep 2019 11:05 WIB

Hb Rendah Pada Pria Bisa Jadi Tanda Kanker Kelenjar Getah Bening

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi kantong darah. Foto: thinkstock Ilustrasi kantong darah. Foto: thinkstock
Jakarta - Anemia dengan kadar hemoglobin (Hb) rendah wajib diwaspadai, apalagi jika terjadi pada pria. Beda dengan wanita, pria tidak mengalami siklus menstruasi atau datang bulan.

"Jika kadar Hb pada pria terus rendah sebaiknya segera ke dokter. Mungkin saja mengalami kanker kelenjar getah bening, karena dalam beberapa kasus tidak ada benjolan namun ditemukan di sumsum tulang," kata dokter ahli hematologi onkologi dr Nadia Ayu Mulansari, SpPD, KHOM.



Kadar Hb biasanya naik setelah transfusi darah namun segera turun. Dengan kondisi ini, dr Nadia mengingatkan tenaga medis supaya mewaspadai anemia. Penyebab anemia harus segera diketahui supaya bisa cepat ditangani.

"Anemia sebetulnya gejala karena itu harus diketahui penyebabnya. Selain kadar Hb yang rendah, sebaiknya waspada demam yang tidak turun-turun, berkeringat, dan debaran jantung terasa cepat," kata dr Nadia.

Terkait kadar Hb, tingkat hemoglobin pada laki-laki dewasa adalah 14-18 gram/dL. Kadar ini lebih rendah pada wanita dewasa yang sebesar 12-16 gram/dL. Tingkat Hb biasanya turun seiring dengan pertambahan usia.



Simak Video " Seberapa Amankah Penggunaan Pil KB untuk Pria?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)