Senin, 16 Sep 2019 11:20 WIB

Agar Tak Sesak Napas Akibat Kabut Asap, Netizen Kalteng Harap Kuliah Libur

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kepungan asap di Provinsi Kalimantan Tengah. Foto: Twitter @clooverian (ditampilkan atas izin pemilik.)
Jakarta - Kabut asap mengepung propinsi Kalimantan Tengah termasuk ibukotanya di Palangkaraya. Melalui akun Twitternya, seorang warganet @clooverian mengeluhkan asap yang mengakibatkannya tak bisa napas dan rasanya ingin mati.

"Sekarang pakai masker saja tiap kali keluar rumah. Kabut asap ini sudah terjadi tiap tahun, tapi tidak ada kebijakan lain untuk menanganinya," kata @clooverian pada detikcom.


Kepungan asap di Palangkaraya, Kalimantan TengahKepungan asap di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Foto: Twitter @clooverian (ditampilkan atas izin pemilik.)

Masker menjadi sarana perlindungan minimum yang bisa digunakan warga di lokasi kabut asap. Menurut @clooverian dirinya tak mungkin berdiam diri di dalam rumah karena harus melaksanakan aktivitas harian. Meski begitu, serangan kabut asap masih mengakibatkannya merasa sesak dan panas di hidung saat menghembuskan napas.

Selain menggunakan masker, @clooverian juga mengandalkan lampu jauh dan klakson saat mengendarai motor. Serangan kabut asap mengakibatkan jarak pandang terbatas dibanding saat udara lebih bersih. Menurut @clooverian, lampu jauh dan klakson memungkinkan selamat dalam perjalanan meski dikepung kabut asap.

Terkait kebijakan, @clooverian mencontohkan libur sementara bagi semua masyarakat Kalimantan Tengah. Libur sementara tak hanya berlaku untuk murid sekolah, tapi juga mahasiswa dan kalangan pekerja. Libur selama beberapa hari memungkinkan warga tak perlu menghadapi bencana rutin kabut asap.

Sebelumnya @clooverian sempat mengunggah video kepungan asap di Kalteng dalam akun Twitternya. Sebagai penduduk Kalteng, @clooverian berharap penanganan kabut asap bisa menjadi perhatian utama pemerintah dan tidak lagi terulang.



Simak Video "Catat! Standar SNI untuk Masker Kain: Minimal Dua Lapis"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)