Selasa, 17 Sep 2019 13:13 WIB

Minum Air Dingin Tak Baik untuk Sakit Maag? Ini Kata Ahli

Firdaus Anwar - detikHealth
Air dingin disebut bisa buat maag makin parah. (Foto: iStock) Air dingin disebut bisa buat maag makin parah. (Foto: iStock)
Jakarta - Di media sosial seseorang bisa dengan mudah menemukan banyak informasi salah satunya tentang tips kesehatan. Ini bisa jadi hal positif bila informasi tersebut benar, namun seringnya yang ramai dibagikan adalah informasi cenderung bohong alias hoaks.

Sebagai contoh imbauan untuk menjauhi kebiasaan minum air dingin atau air es karena tidak baik bagi pengidap sakit maag. Menurut ahli pencernaan Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) hal tersebut tidak sepenuhnya benar.


"Itu hoax juga. Karena pada prinsipnya kita minum air dinginpun di dalam tubuh akan disesuaikan. Umumnya kalau air dingin itu lebih ke rangsangan di kerongkongan, itu poinnya. Kalau untuk yang lain-lain enggak masalah," kata dr Ari pada detikcom dan ditulis Selasa (17/9/2019).

Meski tidak masalah minum air dingin, memang menurut dr Ari air hangat lebih dianjurkan bila sakit maag seseorang sedang kambuh. Alasannya karena air hangat bisa bekerja lebih cepat menetralisir asam di lambung.

"Kalau dalam kondisi akut lebih dianjurkan misalnya teh hangat dibandingkan air dingin. Karena dia lebih cepat menetralkan asam lambung. Ph lambung tinggi dengan air yang hangat itu dia cepat netral dibandingkan air dingin," kata dr Ari.

"Ini cuma masalah yang sebaiknya," pungkas dr Ari.



Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)