Selasa, 17 Sep 2019 17:05 WIB

Bukan Soal Asli atau Setting-an, Ini Pelajaran dari Ibu-ibu Rebutan Rendang

Rosmha Widiyani - detikHealth
Terlepas dari asli atau settingan, persoalan baku hantam memang butuf refleksi ke diri sendiri (Foto: viral) Terlepas dari asli atau settingan, persoalan 'baku hantam' memang butuf refleksi ke diri sendiri (Foto: viral)
Jakarta - Video ibu-ibu yang berantem karena rendang di acara kondangan menarik perhatian warganet. Selain membahas konfliknya, warganet juga mempertanyakan apakah keduanya benar ada konflik atau cuma gimmick alias settingan.

Menanggapi kebingungan warganet, psikolog Gracia Ivonika dari Personal Growth punya jawabannya sendiri. Menurut Ivon, ada yang lebih penting saat menyaksikan video dua ibu rebutan rendang sambil ditonton orang lain.

"Terlepas dari beneran atau settingan, video ini membuat orang-orang yang menyaksikannya bisa berefleksi. Misal dampak negatif yang ditimbulkan dari kejadian tersebut. Selanjutnya diharapkan bisa mengontrol diri dan mempertimbangkan konsekuensi dari perilakunya," kata Ivon saat dihubungi detikcom, Selasa (17/9/2019).



Menurut Ivon, video tersebut juga mengingatkan pada norma sosial yang berlaku di masyarakat. Aturan tidak tertulis tersebut mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah terpancing emosinya. Terlebih pada hal sepele yang seharunya tak sampai mengakibatkan konflik.

"Sebagai orang dewasa semestinya sudah lebih bisa mengontrol diri. Dengan kontrol yang baik, orang dewasa bisa menentukan perilaku yang tepat di depan umum," kata Ivon.



Simak Video "Dari Kacamata Psikolog Soal Pedangdut dan DJ Sering Dicap Negatif"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)