Selasa, 17 Sep 2019 22:00 WIB

Punggung Pegal Seharian Duduk di Kantor? Redakan dengan Posisi Tidur Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Posisi tidur berikut diklaim bisa redakan punggung pegal karena seharian duduk. Foto: admn Posisi tidur berikut diklaim bisa redakan punggung pegal karena seharian duduk. Foto: admn
Jakarta - Tidur merupakan proses pemulihan tubuh, oleh karena itu dibutuhkan tidur yang berkualitas agar saat bangun tetap segar. Apalagi jika usai duduk seharian di kantor selama kurang lebih delapan jam, bisa-bisa tubuh malah terasa pegal saat bangun karena salah tidur.

Maka dari itu sangat penting untuk tidur dalam posisi yang tidak makin menambah rasa pegal. Dikutip dari Prevention, ada dua posisi tidur yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri punggung bagian bawah akibat kelamaan duduk.

"Tujuan utamanya adalah untuk meluruskan tulang punggung, yang berarti bagian punggung lurus dengan pinggang dan pelvis," kata Andrew Gitkind, MD, dokter kepala di Montefiore Spine Center.


Untuk mendapatkannya, posisi yang bisa kamu lakukan adalah dengan menaruh bantal atau menggunakan guling di antara kedua kaki dengan tidur posisi menyamping. Namun perlu diingat, dalam posisi ini sebaiknya jaga punggung tetap lurus untuk tidak membuatnya 'bungkuk'.

Posisi kedua adalah tidur berbaring dan menaruh bantal atau guling di bawah kedua lutut. Posisi ini meluruskan punggung dan membantu menghilangkan pegal.

Dr Gitkin juga menyebutkan bahwa hindari tidur telungkup jika mengalami nyeri punggung bagian bawah. Tidur dengan posisi kepala miring bisa menekan keras tulang punggung bagian serviks atau area di bawah leher, sehingga mengganggu kesejajaran tulang punggung.

Bagaimana jika kamu sudah tidur dengan posisi yang baik namun tetap terbangun dengan nyeri punggung? Bisa jadi kasurmu adalah pelaku utamanya. Kasur yang keras, bukan empuk, cenderung lebih baik untuk menghilangkan nyeri karena memberikan sokongan yang cukup. Gantilah apabila kasurmu sudah terlalu lama (lebih dari lima tahun) dan tidak lagi keras.



Simak Video "Lebih Baik Tidur dengan Lampu Terang atau Temaram?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)