Rabu, 18 Sep 2019 06:30 WIB

3 Isyarat Saat Tubuh Butuh Istirahat

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tubuh juga butuh istirahat (Foto: iStock) Tubuh juga butuh istirahat (Foto: iStock)
Jakarta - Banyak kegiatan yang dijalani setiap harinya, mulai dari bekerja hingga kewajiban sosial yang tertunda. Berbagai kegiatan itu tentunya memerlukan tenaga dalam menjalaninya. Tanpa disadari, tubuh merasa lelah dan dapat berdampak pada banyak hal.

Dampak yang terjadi dapat mempengaruhi kondisi pikiran, perasaan atau mood, bahkan pola hidup. Meskipun telah tidur selama 7 hingga 8 jam, tubuh terus merasa kurang istirahat. Kita harus memahami tanda-tanda yang ditunjukkan saat tubuh merasa lelah dan membutuhkan istirahat agar bisa bekerja lebih optimal.

Dikutip dari Times of India, berikut ini merupakan tiga tanda atau sinyal dari tubuhmu yang memerlukan istirahat yang cukup.



1. Kaki sering kram

Sering mengeluh kejang otot yang ada di kaki dan membuat kesakitan? itu merupakan salah satu tanda bahwa tubuh merasa lelah. Selain itu, tubuh juga mengalami kekurangan magnesium dan kalium. Untuk mengatasinya, konsumsi banyak bayam, kacang merah, dan sayuran hijau untuk melengkapi kekuarangan yang diperlukan tubuh.

2. Selalu merasa kelelahan

Saat sering merasakan lesu dan kehabisan tenaga terutama pada sore hari, mulailah mempertimbangkan pilihan makanan yang harus dikonsumsi. Konsumsi makanan yang lengkap dan bermanfaat untuk menambah tenaga seperti, nasi, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan olahan cepat saji seperti pizza dan burger akan menimbulkan lonjakan gula dalam darah yang kemudian akan turun setelah beberapa jam. Keadaan ini malah akan menyebabkan kelelahan, meningkatkan rasa kantuk, dan cepat kehabisan tenaga.

3. Tumbuh banyak jerawat di wajah

Jerawat bisa tumbuh saat rasa stres muncul. Saat berada di bawah banyak tekanan, jerawat akan muncul secara tiba-tiba di wajah, walaupun sudah dirawat semaksimal mungkin. Hal ini terjadi karena sel-sel kulit memiliki reseptor hormon stres. Ketika sebum menyumbat pori-pori, maka akan terbentu jerawat dan komedo. Sebum dan minyak di kulit akan diproduksi lebih banyak saat seseorang dalam masa stres.



Simak Video "Eits! Percuma Diet Kalau Kurang Tidur"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)