Kamis, 19 Sep 2019 12:33 WIB

Berlebihan Pakai Maskara Bisa Merusak Mata, Ini Kata Ahlinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Berlebihan pakai maskara bisa menyakiti mata (Foto: iStock) Berlebihan pakai maskara bisa menyakiti mata (Foto: iStock)
Jakarta - Untuk wanita, penampilan menjadi hal yang paling diperhatikan. Tak hanya dari segi pakaian, riasan wajah juga menjadi hal yang paling utama diperhatikan. Berbagai alat kosmetik diperlukan untuk mempercantik diri, seperti bedak, lipstik, pelembab, dan lain sebagainya.

Pada bagian mata, biasanya kaum wanita menambahan maskara untuk mempercantik bulu mata agar terkesan lebih tebal, panjang, dan lentik. Bagi sebagian orang, maskara ini pasti tidak akan tertinggal. Tapi, ternyata pemakaian maskara secara rutin dapat berbahaya bagi mata.

Hal ini diungkapkan oleh optometrist sekaligus juru bicara dari Association of Optometrists, Ceri Smith-Jaynes. Ia mengatakan, pemakaian maskara setiap hari dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada mata.



Dikutip dari Mirror, pemakaian maskara secara rutin dapat menyebabkan infeksi serius, bahkan merusak lapisan air mata. Secara umum, lanjutnya, kosmetik yang dipakai di area sekitar mata dapat bermigrasi ke dalam mata dalam hitungan menit.

"Beberapa jenis maskara teksturnya sangat berserat dan ini dapat mengiritasi sebagian orang. Pemakaian kosmetik di area mata juga dapat mengganggu lapisan air mata yang halus. Jika bagian tersebut terganggu, maka air mata akan lebih cepat menguap, membuat mata kering, hingga iritasi," jelasnya.

Jaynes menjelaskan, botol maskara juga rentan terkontaminasi oleh bakteri yang hidup di kulit setelah beberapa bulan dan kemungkinan akan menyebabkan infeksi pada mata. Ia menyarankan, pemakai kosmetik khususnya maskara harus memperhatikan simbol atau petunjuk pemakaian pada yang tercantum pada botolnya.

"Maskara sebaiknya digunakan selama 3 bulan setelah pertama kali dibuka dan dipakai. Jika sudah lebih dari itu, segera buang dan gunakan produk yang baru untuk mencegah terjadinya infeksi yang berpengaruh buruk pada mata," ujar Jaynes.



Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)