Jumat, 20 Sep 2019 06:39 WIB

Pandangan Mendadak Buram Saat Bangun Tidur, Mungkin Ini Penyebabnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat membuka mata di pagi hari, sebagian orang pernah mengalami penglihatannya mendadak buram layaknya efek blur pada kamera. Saat mengalaminya, kita biasanya akan bingung, dan bahkan merasa panik.

Keadaan seperti ini ternyata cukup umum terjadi pada kebanyakan orang. Biasanya, penglihatan kita akan kembali normal setelah berkedip ataupun menguceknya, tapi tidak boleh terlalu keras.

Berikut ini adalah 7 alasan yang bisa jadi penyebab penglihatan mata buram di pagi hari.



1. Air mata kering

Air mata berfungsi untuk melumasi, memberi nutrisi, dan melindungi mata. Tanpa disadari, mata selalu mengeluarkan air mata saat tidur. Tapi, terkadang saat malam hari air mata bisa mengering dari pemukaan mata dan menyebabkan penglihatan kabur di pagi hari. Untuk mengatasinya, cobalah berkedip beberapa kali setelah bangun tidur untuk memulihkan kornea mata dari penglihatan yang kabur.

2. Alergi mata

Alergi pada mata dapat menyebabkan mata gatal, bengkak, berair, serta kering hingga menyebabkan penglihatan kabur saat bangun tidur. Hal ini bisa terjadi karena beberapa penyebab, seperti tungau, debu, bulu hewan yang ada di kamar, atau mungkin memiliki alergi terhadap detergen yang digunakan untuk mencuci alas tidur.

3. Tidur telungkup

Posisi tidur telungkup juga bisa menyebabkan kondisi yang dikenal dengan Floppy eyelid syndrome (FES). Ini terjadi saat kelopak mata bagian atas telah kehilangan elastisitas. Hal ini bisa memicu penglihatan menjadi kabur di pagi hari hingga merobek dan membakar mata. Sindrom FES ini bisa terjadi pada siapa saja, namun lebih sering terjadi pada pria berbadan gemuk.

4. Minum obat tertentu sebelum tidur

Berbagai obat dapat mengurangi produksi air mata, seperti antihistamin, obat tidur, obat flu, dan obat tekanan darah. Jika obat-obat tersebut diminum sebelum tidur dapat menyebabkan penglihatan kabur dan mata kering di pagi harinya.

5. Tidur dengan lensa kontak

Tidur dengan menggunakan lensa kontak dapat mengurangi suplai oksigen ke mata, menyebabkan mata kering, hingga pandangan menjadi kabur saat bangun tidur. Perlu diingat, sebelum tidur lepaskan lensa kontak dari mata untuk menghindari kemungkinan buruk yang terjadi, seperti kebutaan.

6. Masalah gula darah

Masalah gula darah yang terlalu tinggi ataupun rendah juga bisa menyebabkan keburaman saat bangun tidur di pagi hari. Namun, untuk penyebab yang satu ini biasanya diiringi dengan gejala lainnya seperti pusing dan badan lesu.

7. Tidur di bawah kipas angin

Tidur dengan kipas angin memang sangat pas dan sempurna, baik tidur siang maupun malam hari. Tetapi ternyata tidur seperti itu bisa mengeringkan kulit dan mata, bahkan saat kelopak mata tertutup rapat. Hal ini bisa memicu pengelihatan gatal hingga buram.



Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)