Sabtu, 21 Sep 2019 10:45 WIB

Cara Mudah Temukan Rumah Sakit Terdekat saat Darurat

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Seringkali kita mengalami situasi ketika tiba-tiba sakit, dan memerlukan penanganan cepat. Namun kondisi yang tidak memungkinkan, misalnya saat tengah malam, atau pun berada di tempat asing yang kita tak tahu informasi tempat penganganan medis terdekat.

Dalam kondisi yang sangat genting, terkadang kita harus menghubungi satu per satu rumah sakit untuk mendapatkan informasi dokter rujukan yang tepat. Selain itu juga dengan mempertimbangkan ketersediaan ruang rawat inap yang sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing rumah sakit.

Jika memang Anda tak tahu rumah sakit terdekat, setidaknya Anda perlu menanganinya langsung dengan mencari informasi penanganan pertama di kala darurat melalui artikel kesehatan dalam aplikasi online. Jika Anda ragu akan kredibilitas artikel tersebut, cobalah menghubungi dokter dan berkonsultasi langkah pertama apa yang sebaiknya dilakukan.


Apalagi, kini sudah ada aplikasi konsultasi dokter yang menyediakan layanan konsultasi dokter secara online. Bahkan, Anda bisa bertanya langsung kepada dokter yang sedang online melalui fitur live chat.

Selain itu, agar mempermudah Anda dalam mencari informasi rumah sakit terdekat, Anda bisa mengandalkan aplikasi KlikDokter. Melalui aplikasi ini, Anda tak perlukesulitan mencari informasi mengenai dokter yang tepat atau kelengkapan layanan rumah sakit yang tersedia dengan menghubungi satu persatu rumah sakit tersebut.

Anda bisa menemukan daftar rumah sakit yang tepat di sekitar Anda lewat aplikasi KlikDokter. Hal itu karena KlikDokter menyajikan direktori rumah sakit di seluruh wilayah Indonesia sehingga Anda bisa mencari rumah sakit yang buka 24 jam dan paling dekat dengan rumah Anda.


Selain mencari rumah sakit terdekat, Anda juga bisa mengetahui informasi rumah sakit yang relevan dengan mengklik menu filter. Terdapat beberapa kategori pilihan rumah sakit seperti, penyelenggara dari pemerintah ataupun swasta. Selain itu, Anda bisa melacak ketersediaan fasilitas ambulans, bank darah, BPJS, ruang ICU, IGD 24 jam, dan masih banyak lainnya.

Bagi Anda yang memerlukan pelayanan medis khusus, seperti melahirkan, sakit jantung ataupun lainnya, KlikDokter juga dapat memberikan informasi jenis rumah sakit. Seperti rumah sakit untuk bersalin, rumah sakit jantung, rumah sakit jiwa, rumah sakit mata, maupun rumah sakit umum.

Simak Video "Melihat RS Universitas Indonesia, ''Green Hospital'' yang Tahan Gempa"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)