Senin, 23 Sep 2019 05:01 WIB

Berdebar-debar Setelah Minum Kopi, Amankah bagi Jantung?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Berdebar-debar sehabis minum kopi aman nggak sih? (Foto: thinkstock) Berdebar-debar sehabis minum kopi aman nggak sih? (Foto: thinkstock)
Jakarta - Sebagian orang pernah merasa jantungnya berdebar-debar setelah minum kopi. Kondisi jantung yang berdebar yang merupakan efek dari kopi atau kafein ini, seringkali membuat khawatir.

Menurut dokter ahli jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), FIHA, jantung berdebar merupakan keluhan subjektif atau efek dari kopi yang dirasakan oleh seseorang. Jantung berdebar ini bisa dilihat dari dua kondisi irama jantungnya, yaitu jenis iramanya dan frekuensinya.



"Kalau frekuensinya terlalu cepat ataupun lambat, itu bisa jadi keadaan yang mengkhawatirkan dan menjurus ke membahayakan. Tapi, kalau dia berdebar-debar tapi sampai membuat irama jantung tidak teratur, bisa jadi peringatan, barangkali harus berobat untuk memastikan irama jantungnya normal atau tidak ke pelayanan kesehatan," jelasnya pada detikcom, Minggu (22/9/2019).

dr Ario juga menjelaskan, apabila jantung berdebar keras namun irama dan frekuensinya normal hingga membuat seseorang tidak nyaman, harus segera diperiksakan ke dokter.

"Untuk keadaan jantung yang berdebar keras namun frekuensi dan iramanya normal dianjurkan untuk segera ke dokter. Nanti akan diberikan obat-obatan yang bisa mengurai keluhan tersebut, sampai menunggu efek dari kopi atau kafein tersebut hilang," tuturnya.



Simak Video "Suka Tidur dengan Bantal Tinggi? Waspada Gejala Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)