Selasa, 24 Sep 2019 07:40 WIB

Ini Alasannya Iklan Obat Pelangsing Instan Memang Harus Dihapus

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi obat pelangsing. Foto: iStock
Jakarta - Baru-baru ini, Instagram mengumumkan aturan soal iklan berbau konten penurunan berat badan dan operasi plastik akan disembunyikan. Bukan hanya itu, iklan produk pelangsing instan pun akan dihapus.

"Kebijakan ini merupakan bagian dari pekerjaan kami yang berkelanjutan untuk mengurangi tekanan yang kadang dirasakan pengguna sebagai akibat penggunaan media sosial," ujar Emma Collins Instagram Public Policy Manager seperti yang diberitakan detikcom sebelumnya.



Menanggapi hal tersebut, ahli gizi dan olahraga, Jansen Ongko Msc, RD mengatakan bahwa cara tersebut benar memang harus dilakukan, terutama untuk mencegah tren obat pelangsing instan beredar di kalangan remaja. Menurutnya, tren obat pelangsing instan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan.

"Obat pelangsing menawarkan penurunan berat badan yang cepat, padahal untuk langsing tidak bisa langsung melainkan melalui proses perubahan pola makan dan gaya hidup yang tidak sebentar," jelas Jansen kepada detikcom, Senin (23/9/2019).

"Penurunan berat badan yang dianjurkan adalah 3-5% dari berat badan setiap bulannya," lanjutnya.

Jansen menambahkan, penurunan berat badan dengan cara instan harus diwaspadai karena dapat menyebabkan perubahan metabolisme tubuh yang tidak terkontrol. Akhirnya, bisa berdampak buruk bagi kesehatan organ vital, seperti jantung, ginjal, dan hati.

"Organ-organ tertentu seperti ginjal, jantung maupun hati akan menolak adanya obat tersebut dan mengalami kerusakan karena bekerja terlalu keras," tandasnya.



Simak Video "TOP 5: Varian Delta Serang Anak-anak, Gofar Hilman Buka Suara"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)