Selasa, 24 Sep 2019 10:02 WIB

Tak Hanya Kulit, Paru-paru Juga Bisa Kena Infeksi Jamur

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi paru-paru. Foto: iStock Ilustrasi paru-paru. Foto: iStock
Jakarta - Selama ini infeksi jamur kerap dikaitkan dengan masalah kulit. Sebut saja panu, kudis, kurap, dan sederet penyakit kulit lainnya biasanya disebabkan karena infeksi jamur.

Namun jamur juga bisa menginfeksi paru-paru yang menyebabkan penyakit mikosis paru. Spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, dr Anna Rozaliyani, MBiomed, SpP, mengatakan mikosis paru adalah gangguan paru atau jalan napas yang disebabkan infeksi, kolonisasi jamur, atau reaksi hipersensitif pada jamur.

"Infeksi jamur juga bisa kena paru, saluran napas, bahkan darah. Meski jarang, ini harus jadi perhatian karena angka kematiannya tinggi," katanya saat dijumpai detikcom beberapa waktu lalu.

Infeksi jamur paru saat ini telah menjadi ancaman kesehatan global karena adanya peningkatan jumlah kasus yang signifikan sejalan dengan peningkatan jumlah pasien dengan faktor risiko akibat penurunan daya tahan tubuh. Terlebih lagi, jamur bisa ditemukan di semua tempat yang membuat kontaminasinya pun tinggi.



"Indonesia itu surganya jamur. Jamur ada di tanah, debu, ruangan yang membuat jamur bisa menjadi infeksi. Jamur bisa masuk ke paru-paru kalau daya tahan tubuh menurun," ucapnya.

Ada beberapa orang yang memiliki faktor risiko tinggi terkena infeksi jamur paru termasuk mereka yang memiliki kebiasaan merokok, punya riwayat penyakit paru obstruktif kronik, gagal ginjal, HIV, dan yang pernah mengidap tuberkulosis (TB).

Saat ini diperkirakan lebih dari 300 juta orang terinfeksi jamur paru karena masih banyak yang berpikir infeksi jamur hanya di kulit. Hal tersebut yang mengakibatkan angka kematiannya cukup tinggi, mencapai 40-100 persen karena terlambatnya diagnosis.

"Banyak penelitian yang menunjukkan infeksi jamur paru bisa berbarengan dengan TB dan indikasi awal TB. Bisa jadi setelah dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan TB yang ternyata pasien terkena infeksi jamur paru," sebutnya.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)