Selasa, 24 Sep 2019 13:00 WIB

11 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Virgina Maulita Putri - detikHealth
11 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Foto: Thinkstock 11 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Foto: Thinkstock
Jakarta - Buah pepaya adalah buah tropis yang memiliki segudang manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Memiliki nama latin Carica papaya, buah dengan daging berwarna oranye ini rupanya berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan.

Keunggulan lain pepaya adalah hampir semua bagiannya bisa dikonsumsi. Mulai dari buah, daun hingga bunganya enak untuk dimakan dan mengandung banyak nutrisi.



Berikut 11 manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan yang dirangkum oleh detikHealth:
1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Research Center of the International Scientific Group of Preventive Medicine, seseorang yang mengonsumsi formula berbasis pepaya selama 40 hari merasakan peningkatan yang signifikan dalam konstipasi dan kembung.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Department of Preventive Cardiology, UllevÄl University Hospital, Norwegia, pepaya mengandung lycopene dan vitamin C yang bisa mencegah penyakit jantung.

Kandungan antioksidan dalam pepaya juga bisa melindungi jantung kalian dan meningkatkan kemampuan kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL) dalam menjaga kesehatan jantung.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan lycopene yang ada di dalam buah pepaya bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker. Buah pepaya juga bermanfaat untuk mereka yang sedang mendapat perawatan akibat kanker.

4. Menangkal Radikal Bebas

Karotenoid yang ada dalam kandungan pepaya adalah antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah molekul reaktif yang diciptakan saat proses metabolisme tubuh. Radikal bebas bisa meningkatkan stres oksidatif yang bisa menyebabkan penyakit.

11 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan11 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Foto: iStock


5. Meredakan Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Perempuan yang sering merasakan nyeri atau kram saat menstruasi bisa meredakan rasa sakitnya dengan mengonsumsi pepaya. Manfaat ini bisa dicapai berkat enzim papain yang bisa meregulasi aliran darah saat menstruasi.

6. Baik untuk Ibu Hamil

Pepaya merupakan buah penuh nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil karena kandungan vitamin C, vitamin E dan asam folat yang tinggi. Selain itu, pepaya mentah juga bisa meningkatkan produksi air susu bagi ibu menyusui.

7. Mencegah Tanda Penuaan Kulit

Tidak hanya bermanfaat membuat badan kalian menjadi lebih sehat, pepaya juga bisa membuat kulit kalian lebih sehat dan terlihat awet muda. Kandungan vitamin C dan lycopene dalam pepaya bisa melindungi kulit kalian dari radikal bebas dan mengurangi tanda penuaan.

8. Meratakan Warna Kulit

Kulit wajah kalian tidak rata atau ada bekas jerawat yang membandel? Kalian bisa menggunakan buah pepaya untuk memperbaikinya karena buah oranye ini merupakan exfoliator alami.

Tidak hanya itu, beta-karoten, enzim dan phytochemical yang ada dalam pepaya juga bisa membuat wajah terlihat lebih cerah.



9. Mengatasi Jerawat

Pepaya bermanfaat untuk merawat dan mengatasi munculnya jerawat yang tiba-tiba menyerang. Pepaya mengandung enzim papain yang efektif untuk merawat jerawat serta mengurangi bekas yang ditinggalkannya.

10. Melembabkan Kulit

Bagi kalian yang memiliki kulit kering, kalian bisa membuat masker pepaya untuk membuat kulit menjadi lebih halus dan kenyal. Caranya campur satu sendok makan pepaya yang sudah ditumbuk dengan satu sendok makan madu.

Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

11. Cocok untuk Diet

Pepaya juga bermanfaat bagi kalian yang sedang diet untuk mengurangi berat badan. Pepaya mengandung kalori yang sedikit tapi mengandung banyak serat yang bisa membuat perut kalian jadi lebih cepat kenyang.

Selain itu, pepaya juga bisa membantu kalian buang air besar dengan lebih lancar sehingga bisa mengoptimalkan program diet kalian.

Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)