Selasa, 24 Sep 2019 15:35 WIB

Viral Remaja Putus Saraf Otak Karena Main Mobile Legend, Ini Kata Ahli

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Seorang remaja dikabarkan tewas dengan saraf otak putus karena main game Mobile Legends (Foto: iStock) Seorang remaja dikabarkan tewas dengan saraf otak putus karena main game Mobile Legends (Foto: iStock)
Jakarta - Belum lama ini tersiar kabar di Facebook seorang remaja laki-laki meninggal setelah main game Mobile Legend dan PUBG. Penyebab meninggalnya disebut-sebut karena pembuluh darah pecah dan saraf otak putus karena terus-terusan main game menggunakan headset.

Menanggapi informasi itu, spesialis saraf dari RS Pondok Indah, dr Rubiana Nurhayati, SpS menyebut tidak ada hubungan langsung antara main game dan pecahnya pembuluh darah di otak. Bisa saja anak malang tersebut meninggal karena kurang istirahat.

"Saraf otak putus itu gimana sih? Nggak ada saraf otak putus. Kalau pecah pembuluh darah, jadi sebenarnya bukan karena gamenya tapi kurang tidurnya," katanya saat dijumpai detikcom, Selasa (24/9/2019).

Pun dr Rubi mengatakan tidak ada hubungan antara penggunaan headset dan pecah pembuluh darah di otak. Lagi-lagi ia menegaskan kurang tidur bisa jadi sebab pecah pembuluh darah.



"Bukan karena main game pakai headset juga. kurang tidur dan dia tegang, kita juga nggak tahu mungkin dia punya aneurisma dan memburuk sehingga tinggal tunggu pecahnya aja

Meski demikian, ia masih belum bisa memastikan karena informasi yang beredar tersebut tidak disertai bukti pendukung misal hasil pemeriksaan kesehatan atau MRI korban. "Kita belum bisa pastikan karena tidak ada buktinya. Jadi yang memicu pun bukan karena main game pakai headset," sebutnya.

"Bisa saja ya itu tadi, dia main lalu kurang tidur, lehernya tegang memang jadi pemicu pembuluh darah otak. tapi kembali lagi, penyebab kematian mendadak banyak. bisa karena serangan jantung jika punya riwayat kelainan jantung bawaan, aritmia," pungkasnya.



Simak Video "WHO Tetapkan Kecanduan Game Sebagai Gangguan Mental"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)