Selasa, 24 Sep 2019 17:30 WIB

Tips Agar Tak Masuk Angin Sehabis Kena Guyur Water Cannon Saat Demo

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Massa berhamburan terkena semburan water cannon (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Polisi menembakkan water cannon untuk membubarkan massa demonstran di depan Gedung DPR. Guyuran air menjelang malam hari tentu rawan bikin badan ngedrop dan masuk angin.

Segera mengeringkan diri adalah opsi paling tepat ketika menghadapi situasi seperti ini. Namun dalam kenyataan, tentu sulit untuk berganti pakaian di tengah situasi chaos.

Setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah masuk angin. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut di antaranya.



1. Keluarkan baju ganti
Risiko kena guyur water cannon seharusnya masuk dalam perhitungan ketika hendak turun demo. Bila dipersiapkan dengan matang, setidaknya tidak perlu berlama-lama mengenakan pakaian basah. Kalaupun tidak kena guyur, baju yang basah oleh keringat juga tidak nyaman untuk dikenakan.

2. Jaga hidrasi
Saat tubuh kedinginan, frekuensi buang air kecil cenderung meningkat. Imbangi dengan asupan cairan yang cukup agar tidak dehidrasi lalu tumbang, karena flu mudah sekali menyerang ketika kondisi tubuh sedang ngedrop.

3. Jangan lupa makan
Untuk menghangatkan diri, tubuh memerlukan asupan kalori. Nutrisi lain seperti vitamin dan protein juga dibutuhkan agar daya tahan tubuh bekerja dengan baik dalam menangkal risiko penyakit.

4. Tidur yang cukup
Begitu ada kesempatan, segeralah ganti baju lalu tidur untuk memberi kesempatan sel-sel tubuh memperbaiki diri. Istirahat yang cukup juga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.



Simak Video "Begini Proses Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/fds)