Rabu, 25 Sep 2019 05:04 WIB

Bangun Pagi Terasa Lemas Banget? Hati-hati Dehidrasi

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Tanda-tanda dehidrasi bisa muncul di pagi hari (Foto: iStock) Tanda-tanda dehidrasi bisa muncul di pagi hari (Foto: iStock)
Jakarta - Apakah kamu terbangun di pagi hari ini dengan rasa lemas dan disertai rasa sedikit lapar? Hati-hati bisa jadi kamu dehidrasi dan membutuhkan minum segera, bukan karena kamu lapar akibat belum sarapan.

Tubuh sering salah mengarikan rasa haus sebagai rasa lapar. Saat tubuh kita kekurangan cairan akan mengalami dehidrasi dengan gejala lemas, pusing, kulit kering, rasa haus, mata kering, dan bisa juga sembelit.



"Saat tubuh tak mendapakan cairan yang cukup, tubuh akan menjadi lemas. Dan rasa lemas ini bisa membuatmu menjadi sangat lesu dan bahkan bisa berdampak pada beberapa fungsi tubuh. Dalam beberapa kasus, dehidrasi bisa menyebabkan batu ginjal," demikian dilaporkan situs Times of India.

Apa yang kamu makan di malam hari juga bisa mempengaruhi dehidrasi yang dialami saat kamu bangun tidur. Menurut sebuah studi di Australia tahun 2009, mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi gula dan lemak bisa meningkatkan sensitivitas rasa haus, yang menjadikan kamu terbangun lemas karena dehidrasi.

Para ahli menyarankan untuk segera meminum segelas air usai bangun tidur. Targetkan untuk bisa meminum setidaknya 8 gelas air per hari, atau secukupnya agar terhidrasi seharian. Kurangi konsumsi makanan tinggi lemak dan gula dan kurangi minuman berkalori tinggi juga bisa membantu.



Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)