Rabu, 25 Sep 2019 17:37 WIB

Jangan Salah Minum Obat, Ini Cara Kenali Jenis Obat dan Manfaatnya

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Obat sejatinya bisa menjadi penyembuh untuk penyakit. Penemuan obat telah menjadi bagian dari peradaban manusia sejak zaman dulu.

Dewasa ini, obat semakin jamak ditemukan dengan beragam merek dan juga cara penyajiannya. Ada yang disajikan dalam jenis herbal (alami) ada juga yang berasal dari zat kimiawi.

Namun sayangnya, terkadang tujuan diciptakannya obat tercoreng oleh aksi penyalahgunaan. Obat yang seharusnya dikonsumsi untuk meringankan maupun menyembuhkan penyakit malah dibuat untuk tujuan lain, yakni mabuk-mabukan. Untuk tujuan ini obat dengan kandungan tertentu dikonsumsi dengan melebihi dosis agar menimbulkan efek-efek tertentu.

Selain penyalahgunaan obat, seringkali kita mencoba melakukan swamedika atau mengobati diri sendiri tanpa resep obat dengan membeli obat warung. Namun, karena rendahnya pengetahuan kita tentang kandungan obat tersebut apakah cocok dengan penyakit yang diderita, membuat penyakit tak kunjung sembuh, bahkan bisa saja makin parah.


Karena itu, meski tak pergi ke dokter, Anda bisa mengenali jenis hingga komposisi obat agar dapat dikonsumsi sesuai dengan penyakit yang diderita lewat situs KlikDokter. Anda dapat bisa memanfaatkan situs tersebut untuk menambah informasi terkait obat. KlikDokter sudah menyediakan direktori obat dan penyakit sebagai bagian dari layanan untuk mempermudah akses pengguna internet terhadap informasi obat.

Setelah lebih dari dua tahun menyediakan data untuk pengguna website, direktori obat dan juga penyakit kini hadir juga dalam sebuah aplikasi KlikDokter. Kamus obat tersebut menampilkan penjelasan mengenai nama obat, keterangan jenis, kandungan bentuk, satuan penjualan hingga farmasi yang memproduksi obat tersebut. Tak cuma itu, dalam aplikasi tersebut Anda juga bisa mengetahui kegunaan, dosis dan cara penggunaan serta efek samping dari obat tersebut.

Jadi, Anda bisa lebih lengkap memahami obat apa yang cocok dan bagaimana penggunaannya ketika Anda sakit.


Selain menyajikan direktori obat dan kegunaannya, KlikDokter juga menyajikan direktori rumah sakit terdekat, bahkan bisa konsultasi kesehatan online ke dokter. Bagi program ibu hamil, ada juga informasi terkait kalender kehamilan, dan kalender kesuburan.

Simak Video "Progres 15 Penelitian Obat Herbal Sebagai Tambahan Terapi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)