Kamis, 26 Sep 2019 05:30 WIB

Waktu Paling Ideal untuk Mandi Ternyata Bukan Pagi Hari

sa - detikHealth
Pagi hari bukan waktu terbaik untuk mandi (Foto: iStock) Pagi hari bukan waktu terbaik untuk mandi (Foto: iStock)
Jakarta - Mandi di pagi hari memang menjadi rutinitas yang telah dilakukan setiap harinya. Pastinya ini dilakukan untuk menghilangkan rasa lengket dan bau saat akan memulai kegiatan, seperti bekerja.

Ternyata, berdasarkan penelitian yang dilakukan dokter kulit asal Inggris, dr Simon Zokaie, waktu mandi yang terbaik adalah di malam hari karena lebih baik untuk kesehatan kulit.

"Jika harus menunggu sampai pagi untuk mandi, semua kotoran yang terdiri dari kuman dan racun akan menumpuk di kulit sepanjang hari. Keadaaan seperti ini akan lebih memungkinkan kotoran tersebut meresap ke dalam pori-pori kulit seseorang," jelas dr Zokaie yang dikutip dari Metro News.



dr Zokaie mengatakan, meskipun mandi di pagi hari dapat membuat badan segar, tapi hal ini akan mempengaruhi kesehatan kulit. Jika ingin mandi saat pagi, usahakan pada malam harinya untuk membilas tubuh agar dapat melindungi kulit.

Hal ini juga diperkuat oleh argumen dari pemimpin salah satu tempat perawatan kulit di Inggris, Boris Raspudic. Ia mengatakan, jika terus menunda mandi hingga pagi hari akan muncul noda, bintik-bintik, hingga kerusakan kulit dalam jangka panjang.

"Meskipun ini hanya argumen, tetapi ini telah didukung dari sisi kesehatan maupun perawatan kulit. Saat orang yang sering mandi di malam hari datang ke tempat perawatan, kulitnya terbukti bersih dari sisa make-up, minyak, kotoran, dan polutan yang terkumpul pada hari itu," ujarnya.



Simak Video "Malu Punya Kulit Kering? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)