Kamis, 26 Sep 2019 15:32 WIB

Viral Mahasiswi Cantik 'Berjakun', Bisakah Wanita Punya Jakun?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Livia Ellen, mahasiswi cantik viral yang berjakun. Foto: Livia Ellen / IG
Jakarta - Seorang mahasiswi cantik bernama Livia Ellen tengah viral saat berdemo bersama mahasiswa lainnya di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan. Ellen viral dengan sebutan mahasiswi cantik berjakun, loh kok bisa wanita punya jakun?

Jakun merupakan tulang rawan yang menempel di laring, sering disebut sebagai laryngeal prominence atau tulang rawan tiroid (thyroid cartilage) karena berada tepat di atas kelenjar tiroid. Jakun lebih dikenal dan terlihat pada pria.

Soal Ellen berjakun artinya berjaket kuning atau tanda jaket almamater Universitas Indonesia. Namun menurut Health Line, wanita juga memiliki jakun namun tidak semenonjol pria.


"Derajat pertumbuhan laring di wanita tidak sesignifikan pria, sehingga kebanyakan wanita tidak memiliki jakun. Ada beberapa yang memiliki karena laringnya lebih besar, namun hal tersebut hanya mengindikasikan ukuran pita suara saja," demikian tulis situs tersebut.

Situs Live Science menyebutkan pria dan wanita awalnya memiliki ukuran jakun yang sama, namun perbedaan dimulai saat pubertas datang. Jakun pria terlihat semakin besar dan suara mereka berubah seiring dengan meningkatnya kadar testosteron.

Hal ini disebabkan karena pria memiliki pita suara yang lebih besar, yang mengakibatkan mereka berbicara dengan suara yang lebih berat. Jakun tidak memiliki fungsi tertentu, dan banyak pria pada akhirnya 'menyingkirkan' jakun lewat operasi.



Simak Video "Demo Berpotensi Jadi Klaster Corona, IDI Minta Pemerintah Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)