Minggu, 29 Sep 2019 08:01 WIB

Hari Jantung Sedunia, Ini Manfaat Super Bersepeda

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bersepeda bisa kurangi risiko terserang penyakit jantung. (Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth) Bersepeda bisa kurangi risiko terserang penyakit jantung. (Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth)
Jakarta - Agar selalu bugar dan sehat, semua orang harus aktif secara fisik. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu melindungi tubuh dari terserang penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker diabetes, dan artritis.

Bersepeda secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko masalah kesehatan yang terkait dengan gaya hidup sedentari. Bersepeda adalah olahraga yang sangat sehat, rendah risiko dan dapat dinikmati oleh semua orang dari segala usia, dari anak hingga dewasa.

Selain menyehatkan, bersepeda juga baik untuk menjaga lingkungan tetap asri. Mengutip Better Health, bersepeda merupakan aktivitas aerobik, yang berarti jantung, pembuluh darah dan paru-paru pun ikut berolahraga. Bersepeda membuat napas lebih dalam, berkeringat, meningkatkan suhu tubuh, yang seluruhnya akan berpengaruh pada tingkat kebugaran.


Penyakit kardiovaskular termasuk stroke, tekanan darah tinggi dan serangan jantung dapat dicegah dengan bersepeda rutin. Bersepeda teratur dapat meningkatkan kualitas jantung, paru-paru dan sirkulasi darah.

Bersepeda juga memperkuat otot jantung, menurunkan denyut nadi dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Beberapa penelitian menunjukkan orang yang bersepeda secara teratur akan terlindungi dari bahaya serangan jantung.

Selain memperkuat otot jantung dan menghindari risiko serangan jantung, berikut manfaat lain dari bersepeda:

- Meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot
- Meningkatkan mobilitas sendi
- Menurunkan tingkat stres
- Perbaikan postur
- Memperkuat tulang
- Mengurangi risiko kanker terutama kanker usus dan kanker payudara
- Mengurangi risiko diabetes tipe 2



Simak Video "Manfaat Bersepeda untuk Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/wdw)