Minggu, 29 Sep 2019 10:02 WIB

Mengenal Liposuction, Prosedur Operasi Bedah yang Dilakukan Salmafina Sunan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Salmafina Sunan jalani operasi liposuction atau sedot lemak. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Beberapa waktu lalu, Salmafina Sunan memposting video di akun instagram pribadi miliknya saat ia akan melakukan liposuction. Dalam video tersebut terlihat Alma sedang berkonsultasi ke dokter sebelum melakukan operasi.

"Aku udah siap nih dok, aku mau operasi. Doain aku ya," kata Salma dalam videonya seperti yang dilihat detikcom, Minggu (29/9/2019).

Mengutip Mayo Clinic, liposuction atau sedot lemak adalah prosedur operasi bedah yang menggunakan teknik sedot untuk menghilangkan lemak dari area tubuh tertentu seperti perut, paha, bokong, lengan atau leher. Nama lain untuk operasi ini adalah lipoplasty atau body contouring.


Dokter bedah plastik atau dermatologis biasanya melakukan prosedur pada pinggul, perut, paha, bokong, punggung, lengan, atau wajah untuk memperbaiki bentuknya. Tetapi sedot lemak juga dapat dilakukan dengan operasi plastik lainnya, termasuk facelift, pengurangan payudara, dan pengencangan perut.

Sedot lemak mengurangi jumlah sel lemak di area tertentu. Jumlah lemak yang dihilangkan tergantung pada penampilan area dan volume lemak. Perubahan kontur yang dihasilkan umumnya permanen selama berat badan tetap stabil.

Liposuction tidak memperbaiki selulit, warna kulit, dan tidak menghilangkan stretch mark. Sebelum melakukan operasi tersebut, kandidat harus dalam kondisi kesehatan yang baik dan tidak memiliki penyakit seberti penyakit arteri koroner, diabetes, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.



Simak Video "Merasa Jadi Korban Malapraktik Liposuction, Irene Tempuh Jalur Hukum"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)