Minggu, 29 Sep 2019 10:41 WIB

Jakarta Heart Bike: Banyak Kegiatan Seru untuk Sayangi Jantungmu

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Foto: Faidah Umu Safuroh/detikcom
Jakarta - Sekitar 1.200 peserta ikut gowes bareng di Jakarta Heart Bike 2019. Acara yang diadakan oleh Yayasan Jantung Indonesia dan Transmedia ini diadakan dalam rangka merayakan Hari Jantung Sedunia.

Ada banyak rangkaian acara seru yang bisa ditemukan di sini. Beberapa kegiatan itu antara lain Heart Exercise, Games, Food Bazar, Entertainment, dan ada banyak doorprize menarik yang dibagikan kepada para peserta funbike.

Yungki (50) mengaku senang bisa ikut serta dalam kegiatan funbike di Jakarta Heart Bike 2019. "Tadi seru sih acaranya seru karena banyak yang ikut, serunya ya itu banyak yang ikut jadi ramai kan," ungkapnya kepada detikHealth, Minggu (29/9/2019).


Ia mengaku sudah mulai rutin berolahraga sepeda sejak 2008. Menurutnya olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Terlebih di usianya yang sudah setengah abad ini, ia harus menjaga kebugaran tubuhnya.

"Saya bekerja sebagai karyawan kantoran. Jadi kalau pas ada waktu luang pasti sepedaan, sama yang jelas pas weekend. Harus menyempatkan untuk berolahraga, karena katanya akan mulai banyak penyakit-penyakit kronis muncul di usia 40-an, jadi untuk jaga kesehatan tubuh ya dengan olahraga," tandasnya.

Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, Nesti Nurjadin mengatakan kegiatan Jakarta Heart Bike 2019 diadakan untuk meningkatkan awarnes terhadap penyakit jantung. Diketahui bahwa penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian.

"Oleh karena itu kita perlu untuk berolahraga, melakukan gaya hidup sehat, tidak stres, tidak merokok, dan memeriksakan kesehatan secara rutin paling tidak 6 bulan sekali," ujarnya.


Oleh karena itu, tak hanya lakukan kegiatan funbike, beberapa peserta juga lakukan cek pemeriksaan kesehatan gratis yang ada di lobi utama Bank Mega. Ada beberapa tes kesehatan salah satunya cek gula darah dan cek kolesterol. Sebab, orang dengan penyakit diabetes dan kolesterol rentan terhadap penyakit jantung.

Di antara ratusan pegowes yang ikut funbike di Jakarta Heart Bike 2019, ada artis cantik Mikha Tambayong yang juga ikut memeriahkan acara ini. Mikha mengaku sebelum didaulat sebagai Duta Yayasan Jantung Indonesia, ia memang sudah menjalani gaya hidup sehat.

"Kalau aku memang sudah suka olah raga secara rutin. Aku juga tidak merokok, dan yang penting itu lifestyle harus sehat. Kalau sekarang si olahraga yang aku lakuin bootcamp sama boxing," terangnya.

Jakarta Heart Bike: Banyak Kegiatan Seru untuk Sayangi JantungmuFoto: Faidah Umu Safuroh/detikcom

Selain kegiatan funbike dan cek kesehatan, para peserta juga terlihat mengunjungi booth-booth yang tersedia di halaman gedung Transmedia. Beberapa booth yang tersedia antara lain Nestle Acticor Food Truck, Nestle Acticor, Omron, Hemaviton Cardio, Koze Rhino, Agung Podomoro, Le Gitt, Polygon, serta dua tenda makanan dari kantin Transmedia dan Bakso Asmuni.

Sedangkan doorprize-doorprize yang dibagikan antara lain merchandise sponsor, tensimeter Omron, merchandise dari Yayasan Jantung Indonesia, jam tangan Garmin, dan sepeda Brompton. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan hiburan musik dari Transbrother.

Simak Video "Dear Cowok, Ini Tips agar Organ Intim Aman saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/up)