Minggu, 29 Sep 2019 12:00 WIB

Satia Putra Meninggal karena Asma, Berikut Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Obesitas

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Bocah obesitas asal Kabupaten Karawang meninggal dunia akibat penyakit asma. (Foto: Luthfiana) Bocah obesitas asal Kabupaten Karawang meninggal dunia akibat penyakit asma. (Foto: Luthfiana)
Jakarta - Sabtu (28/9) lalu, bocah obesitas asal Kabupaten Karawang, Satia Putra meninggal dunia. Penyebab meninggalnya karena penyakit asma yang diidapnya kambuh.

Beberapa waktu lalu, kabar tentang Satia sempat membuat heboh karena memiliki berat badan yang tidak wajar untuk anak seusianya. Selain asma, berbagai penyakit juga bisa muncul akibat berat badan yang melampaui batas normal ini.

Dikutip dari Everydayhealth, berikut ini beberapa penyakit yang juga bisa muncul pada orang-orang dengan bobot tubuh berlebih atau obesitas.


1. Asma

Menurut seorang profesor dari University of Kentucky College of Medicine, Beth A Miller menyebutkan secara fisiologis, obesitas memang bisa menyebabkan asma. Dengan masalah berat badan ini, paru-paru mereka akan sulit mengembang. Saat mengambil napas, saluran pernapasan paru-paru mereka akan menjadi lebih sempit, rentan iritasi, dan peradangan.

2. Migrain

Penyakit umum yang sangat berisiko terhadap orang obesitas adalah migrain. Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan lemak yang berlebih pada tubuh yang gemuk dapat membuat aliran oksigen yang disalurkan ke kepala, tidak stabil hingga menyebabkan migrain.

3. Kanker

Beberapa ahli menyebutkan, obesitas dan lemak berlebih yang ada di tubuh sangat terkait dengan pertumbuhan sel kanker. Keadaan tubuh yang terlalu gemuk akan mempercepat pertumbuhan sel kanker. Pada pria obesitas, kanker prostat merupakan jenis yang umum diderita. Sementara pada wanita, yang sering muncul adalah kanker uterus.

4. Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit mematikan yang ditakuti sebagian orang. Namun, penyakit ini akan berisiko dua hingga tiga kali lipat lebih besar pada orang yang tubuhnya kegemukan atau obesitas.

5. Batu Empedu

Batu empedu adalah hasil dari lemak dan kolesterol yang mengeras di dalam empedu. Penyebabnya karena masalah kegemukan atau obesitas. Lemak yang berlebih pada tubuh sementara tidak bisa diuraikan dengan baik dan ini akan berbahaya bagi kesehatan empedu.



Simak Video "Anak Doyan Minum Manis? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)